Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Perbedaan Mesin Gergaji Jigsaw dan Circular Saw

Perbedaan Mesin Gergaji Jigsaw dan Circular Saw

20 Jun 2022
perkakas-power-tools

Fixcomart - Semakin berkembangnya teknologi didalam dunia industry terutama industry perkakas dan alat teknik di Indonesia, semakin membuat kemudahan dalam melakukan pekerjaan yang berat sekalipun. Seperti alat Gergaji yang tidak hanya dioperasikan menggunakan tangan melainkan menggunakan mesin juga. Untuk para pengrajin kayu ataupun orang didalam bidang pertukangan sudah tidak asing dengan gergaji Jigsaw & Circular Saw. Selain digunakan untuk memotong objek kayu, ternyata alat ini memiliki pebedaan, Apa perbedaan mesin gergaji Jigsaw & Circular saw?

Perbedaan yang paling terlihat terutama dari bentuk fisik ataupun kegunaannya. Perbedaannya adalah untuk mesin Gergaji Jigsaw & Circular Saw terlihat dari mata potongnya.

Baca Juga: Tips Memilih Mesin Gergaji Jigsaw Sesuai dengan Fungsinya

Perbedaan Jigsaw dan Chainsaw

Gergaji Jigsaw memiliki mata potong yang lurus dan bergerak naik turun seperti gergaji tangan, sehingga alat ini digunakan untuk memotong objek berliku atau untuk membuat pola kerajin berbahan dasar kayu. Selain itu, Gergaji Chainsaw memiliki mata potong berputar seperti gerinda, sehingga alat ini direkomendasikan untuk memotong kayu dengan lurus atau satu arah.

1. Mesin Gergaji Jigsaw

Jigsaw merupakan mesin yang memiliki gerakan memotong naik turun karena bentuk mata potong yang lurus seperti gergaji tangan. Mesin gergaji Jigsaw ini berfungsi memotong kayu dengan bentuk berlekuk. Terdapat beberapa jenis mata pisau untuk mesin jigsaw, ada yang halus, kasar dan lain lain tergantung kebutuhan penggunaannya.

Cara Memasang Mata Gergaji Jigsaw

Sebelum memulai menggunakan Gergaji Jigsaw, pastikan dulu benar untuk cara memasang mata Gergaji Jigsaw. Berikut beberapa cara memasang mata Gergaji Jigsaw yang benar :

  • Cabut aliran listrik yang mengalir dari mesin Gergaji Jigsaw.
  • Jika ada buku manual cara penggunaan, Lebih baik dibaca terlebih dahulu. Karena untuk setiap merk atau brand Gergaji Jigsaw mempunyai cara pemasangan yang berbeda.
  • Kaitkan pengunci yang ada pada ujung mata gergaji Jigsaw dan kencang

Cara Menggunakan Gergaji Jigsaw

  • Colokan aliran listrik pada Gergaji Jigsaw
  • Nyalakan mesin dengan menekan tombol On/Off. Umumya pada tipe tertentu terdapat saklar untuk mengatur kecepatan potong pada Jigsaw.

2. Mesin Gergaji Circularsaw

Circularsaw merupakan mesin yang memiliki gerakan potong seperti gerinda sehingga cocok digunakan untuk memotong kayu yang lurus. Pada dasarnya mesin ini bekerja dengan menggerakan mata pisaunya secara memutar. Itulah sebabnya, menggunakan gergaji Circularsaw terasa lebih nyaman dan muda serta kinerjanya relatif lebih cepat.

Bagian – Bagian Circular Saw

Mesin Circular Saw terdiri dari beberapa bagian penyusun. Berikut merupakan bagian utama dari mesin Circularsaw:

  • Mata Pisau (Blade)

Mata pisau pada circular saw memiliki bentuk melingkar dengan mata gigi khusus yang didesign untuk membelah/memotong.

  • Penutup Gergaji

Penutup gergaji ini digunakan sebagai alat pengaman dan pelindung mata pisau/gergaji terutama pada waktu membelah material yang tebal. Terdapat di atas dan bawah gergaji.

  • Laser

Berfungsi untuk memberikan arahan garis potong gergaji, umumnya berwarna merah.

  • Saklar On/Off

Saklar on/off digunakan untuk menyalakan dan mematikan mesin circular saw.

  • Pelat Dasar

Pelat dasar umumnya digunakan untuk membatasi kedalaman pemotongan gergaji.

Nah, itulah beberapa penjelasan dari perbedaan mesin Jigsaw & Circular Saw. Untuk membeli produk Circular Saw atau Jigsaw dapat membeli langsung melalui fitur Chat Whatsapp B2B & Checkout secara langsung melalui website Official Fixcomart.


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami