Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Kunci Inggris, Benarkah Berasal Dari Inggris

Kunci Inggris, Benarkah Berasal Dari Inggris

17 Dec 2018
perkakas-power-tools

Fixcomart - Fakta kunci inggris yang belum banyak di ketahui. Mengapa kunci inggris selalu di kaitkan dengan nama kota inggris? Apakah karena ditemukan orang inggris? Lantas apakah orang-orang bule sana juga menyebut kunci inggris ini dengan “English Key”? Jangan-jangan cuma orang Indonesia yang menyebut kunci pas yang bisa diatur lebarnya ini dengan sebutan kunci inggris?

Baca Juga : Tips Cara Menggunakan Kunci Inggris yang Benar

 

Illustrasi Gambar J. P. Johansson

Pertanyaan ini tiba-tiba menggelitik benak saya di suatu siang. Daripada penasaran, saya pun mencoba mencari jawabannya via (apalagi kalau bukan) Google. Dan ternyata memang benar, kunci inggris memang disebut sebagai “English Key” di beberapa negara.

Gambar Illustrasi Kunci Inggris/Wrench

Kunci inggris di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah seperti Perancis, Spanyol, Turki, Jerman, Portugal, Suriah, Libanon, dll memang dikenal sebagai “English Key”, karena memang kunci inggris ini ditemukan oleh seorang insinyur asal Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842. Pada awal penemuannya, bentuk kunci inggris tidak seperti yang kita kenal sekarang.( Lebih mirip kunci pipa ).

Adalah Johan Petter Johansson, seorang penemu asal Swedia yang mempatenkan temuannya pada 1891. Hasil patennya inilah yang kita kenal sebagai kunci inggris dengan bentuk yang kita kenal sekarang. Tidak heran jika di Denmark yang notabene adalah negara tetangga Swedia, juga Polandia dan Israel, kunci inggris ini tidak disebut sebagai kunci inggris, melainkan “Swedish Key”. 

Gambar Illustrasi Kunci Inggris TEKIRO

Justru di Inggris, kunci inggris tidak disebut sebagai english key, melainkan adjustable spanner. Di Amerika Serikat, masyarakat sana mengenal kunci perkakas ini sebagai adjustable wrench. Di beberapa negara malah menamainya sesuai nama produsen. Seperti BAHCO di beberapa negara di Benua Eropa. Nama BAHCO berasal dari perusahaan yang dimiliki Johan Petter Johansson yaitu B.A. (Bernt August) Hjort & Company. Penamaan berdasarkan merk ini juga terjadi di Amerika Serikat dan Kanada. Dimana mereka menyebut kunci inggris sebagai "Crescent Wrench". Crescent sendiri adalah produsen kunci perkakas yang terkenal dengan produk kunci inggrisnya.

Rupanya penamaan barang berdasarkan merek tidak hanya terjadi di Indonesia saja

Bagaimana menurut Anda?

Temukan produk kunci inggris dengan fitur yang menarik serta terbuat dari bahan yang berkualitas hanya di Fixcomart.com

Sumber (AJBS)


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami