Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Cara membuat Mesin Gerinda Menjadi Mesin Poles

Cara membuat Mesin Gerinda Menjadi Mesin Poles

24 May 2022
perkakas-power-tools

Fixcomart – Semakin banyaknya pecinta otomotif di Indonesia membuat toko alat teknik dan Industri semakin dicari oleh kalangan pecinta otomotif di Indonesia. Ada banyak pilihan alat teknik yang dijual, Seperti mesin gerinda, mesin poles, mesin bor dan lainnya.

Banyaknya kendaaran yang sering dijemur atau terkena panasnya sinar matahari membuat cat menjadi kusam. Banyak cara untuk menjaga cat kendaraan agar tidak kusam. Salah satu caranya adalah dengan melakukan perawatan poles mobil. Poles mobil juga kalian bisa lakukan dirumah loh karena sangat mudah.

Selain alatnya yang murah ada kamu juga bisa memodifikasi mesin poles dari mesin gerinda yang kalian punya dirumah loh! Sebelum melanjutkan cara membuat mesin gerinda menjadi mesin poles. Baca dulu dibawah ini yaa!

5 Harga Mesin Gerinda Murah Berkualitas

Alat yang Harus Disiapkan

Untuk menjadikan mesin gerinda sebagai alat poles harus mempersiapkan beberapa alat, karena tidak plug and play, ada banyak sekali resiko jika memaksakan untuk menjadikan mesin gerinda sebagai mesin poles. Karena speed yang dihasilkan mesin gerinda sangat cepat hingga 12.000 Rpm sedangkan speed maximum yang dapat digunakan untuk mesin poles adalah dengan 7000 Rpm.

Berikut alat alat yang harus disiapkan untuk cara membuat mesin gerinda menjadi mesin poles :

Mesin Gerinda

Alat pertama yang harus disiapkan untuk membuat mesin gerinda menjadi mesin poles adalah menyiapkan mesin gerinda yang biasa digunakan atau kalian dapat mencari pilihan mesin gerinda dengan harga 200 rban disini. Mesin gerinda menjadi alat utama untuk mulai memodifikasi menjadi mesin poles.

Banyaknya varian ukuran pada mesin gerinda mungkin membuat bingung, Fixco rekomendasikan mesin gerinda yang memiliki kepala diameter dengan ukuran 4 Inch – 7 inch. Ukuran ini menjadi ukuran rekomendasi untuk membuat mesin gerinda menjadi mesin poles.

Pegangan Gerinda / Handle

Biasanya, Setiap pembelian mesin gerinda akan mendapatkan handle atau pegangan ini. Selain fungsinya ini untuk menjaga getaran yang dihasilkan oleh mesin gerinda. Juga dapat membantu untuk mengontrol penuh arah dari mesin gerinda yang kalian punya.

Dimmer ( Pengatur Speed )

Alat ini menjadi bagian penting dalam mengatur kecepatan pada mesin gerinda agar putaran yang dihasilkan bisa lebih teratur sesuai dengan speed yang biasa ada pada mesin poles. Alat ini sangat membantu kamu untuk cara membuat mesin gerinda menjadi mesin poles dengan mudah.

Pad Poles / Busa poles

Setiap mesin poles pasti memiliki pad poles atau busa poles, jika kalian memutuskan untuk merubah mesin gerinda menjadi mesin poles maka yang kalian harus siapkan adalah pad poles. Pad poles ini memiliki ukuran yang berbeda beda. Umumnya, memiliki ukuran 4 Inch – 7 Inch. Ukuran ini dapat kalian sesuaikan dengan ukuran pada mesin gerinda yang kalian punya.

Cara merubah mesin gerinda menjadi mesin poles

Untuk mulai memodifikasi mesin gerinda menjadi mesin poles, harus menyiapkan alat alat diatas terlebih dahulu. Alat ini harus disiapkan karena jika tidak dapat merusak cat kendaraan yang kalian punya. Yuk, mulai merakit untuk simak penjelasannya dibawah ini ya

  • Buka pengunci mesin gerinda dibagian bawah kepala mesin gerinda
  • Pasang pad poles seperti memasang mata cutting pada mesin gerinda
  • Kencangkan mur pad poles di mesin gerinda
  • Pasang Colokan Listrik mesin gerinda pada dimmer
  • Pasang Busa poles untuk mulai pemolesan pada kendaraanmu.

Nah itulah beberapa cara membuat mesin gerinda menjadi mesin poles. Cara ini sebenarnya tidak direkomendasikan oleh beberapa orang yang sudah terbiasa melakukan pekerjaan ini.

Ada banyak pilihan mesin poles dengan varian harga, untuk informasi lebih lanjut mencari produk mesin poles dapat kalian beli disini atau untuk info pemesanan mesin poles untuk bengkel bisa kami bantu melalui customer care kami disini.


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami