Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Panduan dan Tips Cara Membaca Ukuran Pada Baut

Panduan dan Tips Cara Membaca Ukuran Pada Baut

31 Jul 2019
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart - Pada kesempatan kali ini Fixcomart ingin berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara membaca ukuran baut. Mengapa harus bisa membaca ukuran pada baut? bukannya tinggal bawa contoh lalu dibawa ketoko? Pada kasus tertentu seperti baut tanam pada mesin atau chassis apakah harus dibawa semesin nya ke toko? atau misalnya kamu ingin membuat drat pada mesin, banyak pelayan toko yang tidak memahami jenis tap/snei apa yang sesuai dengan baut yang kamu akan gunakan. Oleh karena itu penting jika kita bisa membaca baut sehingga apa yang kita beli akan sesuai dengan yang kita perlukan.

Jenis dan Tipe Kunci Bengkel

Panduan Cara Membaca Ukuran Pada Baut dan Mur 

Pada toko teknik yang menyediakan baut biasanya semua jenis baut sudah diberi kode seperti contohnya M12 x 30 P 1,75. Maksudnya adalah:

M12=diameter baut
30=panjang baut
P 1,75= Pitch atau ukuran drat 1,75
Untuk membaca baut ada 2 alat yang wajib dimiliki yaitu vernier caliper (jangka sorong) dan radius gauge (alat pengecek drat) kedua alat ini banyak dijual di toko teknik dengan harga terjangkau.

1. Mengetahui Diameter Baut dengan Jangka Sorong

Mengukur diameter dengan menggunakan jangka sorong yaitu dengan menggunakan rahang atas. Cara Menggunakannya yaitu, rapatkan rahang atas lalu tempatkan benda (baut atau mur) yang akan diukur diameternya. Tarik rahang geser hingga kedua rahang menempek dan menekan bagian dalam benda. Pastikan bahwa dinding bagian dalam benda tegak lurus dengan skala dalam artian benda jangan sampai miring. Kemudian baca angka yang terdapat pada jangka sorong. Pada jangka sorong terlihat diameter baut ini adalah 12mm.

 

2. Menggunakan Radius Gauge

Cara Selanjut yang dapat Anda gunakan untuk mengecek ukuran drat yaitu dengan menggunakan radius gauge. pilihlah radius gauge yang paling cocok dengan celah baut tersebut. Pada baut ini drat yang dimiliki adalah 1,75. Jadi jika membeli baut dengan diameter 12mm dan pitch 1,75 mur yang bisa digunakan harus dengan tipe yang sama agar bisa terpasang. Karena kasus yang sering terjadi dan merusak baut adalah menggunakan mur dengan diameter yang sama tetapi pitch nya berbeda (lebih halus atau lebih kasar).

Jadi jika kamu ingin membuat drat menggunakan tap dan snei, jenis tap atau snei yang harus dibeli adalah M12 x 1,75.

3. Cara Mengetahui Kunci yang Akan Digunakan

Untuk mengetahui kunci apa yang diperlukan untuk mengencangkan/melonggarkan baut adalah dengan mengukur kepala baut tersebut menggunakan jangka sorong. Jadi baut ini dapat diputar menggunakan kunci/ socket 19mm. Biasanya toko-toko seringkali salah menyebutkan, seperti contohnya “baut 19” padahal itu adalah baut 12mm yang dibuka dengan menggunakan kunci 19, “baut 10” padalahal itu adalah baut 6mm yang dibuka dengan menggunakan kunci 10. Untuk itulah kita harus mengetahui cara membaca baut yang benar.

Itulah beberapa tips dari Fixcomart untuk membaca ukuran pada baut. Gimana Fixers? sudah tau kan sekarang? seberapa penting nya hal kecil ini yang harus kita tau. Yuk pahami tips dan trik seputar otomotif dan teknik hanya di Fixcomart.com

Butuh alat perkakas bengkel dan alat teknik? Belanja langsung dari website fixcomart dengan fitur pembayaran lengkap dan aman atau hubungi admin website kami melalui tombol dibawah ini.


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami