Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Perbedaan Hasil Pengelasan Las Mig dan Tig

Perbedaan Hasil Pengelasan Las Mig dan Tig

24 Dec 2021
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart – Beberapa orang mungkin sudah tahu hasil perbedaan pengelasan las MIG dan TIG, ada juga yang masih belum tahu cara melihat perbedaan hasil pengelasan las MIG dan TIG. Pengelasan menggunakan las MIG dan TIG memiliki perbedaan , las MIG menggunakan elektroda logam sedangkan TIG mengginakan Gas Insert sebagai pelindung dari Oksidasi pada suhu tinggi.

Las Mig (Metal Insert Gas) adalah Pengelasan dengan menggunakan gas yang dihasilkan dari busur nyala listrik, digunakan sebagai perncair metal yang dilas. Sebagai pelindung oksidasi dipakai gas pelindung oksidasi gas pelindung berupa gas kekal (inert), CO2 dan Arcal 21. Pengelasan dengan las mig biasanya digunakan untuk pengelasan baja-baja yang memiliki kualitas baik.

Penamaan Las Mig sendiri bisa disebut dengan GMAW (Gas Metal Arch Welding) dan MAG (Metal Active Gas).

Baca Juga: Rekomendasi Memilih Mesin Alat Las

Las Tig (Tungsten Inert Gas) adalah salah satu bentuk Arc Welding (Las Busur Listrik). Pengelasan TIG pertama kali ditemukan pada tahun 1940 di USA. Pengelasan TIG menggunakan Wolfram atau Tungsten sebagai electrode dan inert gas sebagai pelindung.

Pengelasan menggunakan TIG dapat dikerjakan secara otomatis atau manual. Tenaga listrik DC maupun AC dibutuhkan dalam pengelasan TIG. Tenaga/Energi listrik digunakan untuk membuat busur nyala dan sebagai pemanas.

Stop! Sebelum mulai menggunakan mesin Las TIG dan MIG

Tidak sembarangan orang dapat menggunakan mesin las TIG dan MIG tanpa ilmu pengetahuan yang cukup, karena dapat menyebabkan arus listrik yang tidak stabil dan bahkan bisa menyebabkan konsleting listrik. Lalu, siapa saja orang yang dapat menggunakan mesin las TIG dan MIG?

  1. Orang yang sudah paham menggunakan mesin las / yang paham dengan arus listrik saat dan sebelum digunakan.
  2. Tukang Las. Betul, dia yang lebih paham dan handal.

Penggunaan mesin las TIG dan MIG yang tepat selain orang yang bekerja di bidang tersebut, juga harus menyesuaikan dimana alat ini harus digunakan.

Penggunaan mesin las TIG dan MIG ditempat yang sesuai juga bisa membantu area kerja menjadi lebih safety sesuai dengan standar penggunaan mesin las TIG dan MIG. Area lokasi untuk pekerjaan menggunakan mesin las TIG dan MIG harus jauh dari area kawasan bermain anak – anak. Area yang jauh dari lokasi bermain atau kawasan yang padat dengan penduduk. Selain itu, menggunakan mesin las TIG dan MIG ini juga harus dilengkapi dengan peralatan yang memadai. Seperti APAR dan K3.

Sebelum menggunakan mesin las TIG dan MIG, harus juga dipahami bagaimana cara mengetahui kekurangan dan kelebihan menggunakan mesin las TIG dan MIG. Berikut kekurangan dan kelebihan menggunakan mesin las TIG dan MIG.

Kekurangan Mesin Las MIG

  1. Wire-feeder yang memerlukan pengontrolan yang berlanjut.
  2. Sewaktu waktu dapat terjadi burnback.
  3. Cacat las porosi sering terjadi akibat penggunaan kualitas gas pelindung yang tidak baik.
  4. Busur yang tidak stabil, akibat ketrampilan operator yang kurang baik
  5. Pada awalnya set-up pengelasan merupakan permulaan yang sulit

Kelebihan Menggunakan Mesin Las MIG

  1. Sangat efisien dan proses pengerjaan yang cepat
  2. Dapat digunakan untuk Semua posisi pengelasan (Welding Positif)
  3. Tidak menghasilkan slag atau terak, layaknya terjadi pada las SMAW
  4. Memiliki angka deposisi yang lebih tinggi dibandingkan SMAW
  5. Membutuhkan kemampuan operator yang baik
  6. Proses pengelasan MIG cocok untuk pekerjaan dibidang konstruksi
  7. Membutuhkan sedikit pembersihakn post-weld

Selain kelebihan dan kekuran menggunakan mesin las MIG. Las TIG juga sama, memiliki kekurangan dan kelebihan, berikut penjelasannya.

Kekurangan Mesin Las TIG

  1. Kecepatan las lambat dan depossi rendah (bergantung pada kawat)
  2. Peralatan relatif mahal
  3. Efisiensi panas rendah

Kelebihan Mesin Las TIG

  1. Hasil las jauh lebih bersih dibandingkan hasil las lain
  2. Tidak ada fumes atau asap dan spatter
  3. Kualitas tinggi dan presisi, cocok untuk las tipis

Pengelasan mesin las TIG dan MIG dapat disesuaikan dengan penggunaannya, karena penggunaan alat yang tepat juga dapat membuat mesin las tersebut menjadi awet. Lalu, Dimana harus mencari mesin las TIG dan MIG? Tenang aja, pertanyaan kamu terjawab disini. Pembelian mesin las ini dapat kamu beli melalui website resmi Fixcomart.com dengan metode pembayaran lengkap, aman dan terpercaya. Dengan brand yang lengkap menjadikan Fixcomart sebagai distributor terpercaya dalam menjual alat perkakas industry dan teknik.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai mesin las TIG dan MIG Kekurangan hingga kelebihan. Jangan lupa selalu berhati hati dalam bekerja atau memulai pekerjaan. Pahami dulu cara menggunakan alat tersebut.

Belanja mesin Las TIG dan MIG langsung dari distributor resmi di Fixcomart.com. Lengkap dan harga yang tertera sudah termasuk PPN.


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami