Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Mengetahui Tipe Jenis Generator Set / Genset

Mengetahui Tipe Jenis Generator Set / Genset

20 Oct 2020
perkakas-dan-otomotif

 

Fixcomart - Apakah Fixers pernah mendengar sebutan generator set / genset? Generator set atau sering di kenal dengan sebutan genset, adalah Mesin yang terdiri dari gabungan antara mesin penggerak dan pembangkit listrik (Generator Set) yang dibuat menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan tenaga listrik dengan daya tertentu.

Cara kerja Generator set adalah dengan mengubah energi kinetik menjadi energi listrik.

Baca Juga : Macam - macam jenis gergaji

Generator Set atau Genset pada awalnya ditemukan oleh Michael Faraday tahun 1831. saat itu, Generator listrik pertama kali dibuat dalam bentuk kawat besi merupai huruf "U" yang dililitkan ke gulungan kawat. Generator awal ini dikenal dengan nama generator cakram faraday. Ada 2 komponen utama pada genset, yaitu bagian diam disebut dengan Stator dan bagian yang bergerak dikenal dengan sebutan Rotor. Rotor sendiri akan terus berhubungan dengan memutari pusat Stator. 

Generator listrik dibedakan menjadi 2 jenis, Generator listrik dinamo (DC) dan Generator listrik Alternator (AC)

Generator Listrik AC

Pada Generator listrik alternator (AC), Kutub - kutub magnet yang berlawanan saling dihadapkan akibatnya diantara kedua kutub magnet itu menghasilkan medan magnet. Didalam medan magnet, terdapat kumparan yang selalu berputar pada porosnya.

Generator Listrik DC

Cara kerja genset listrik DC mirip dengan cara kerja generator listrik AC. Yang membedakan hanya pada generator listrik DC ini menggunakan sebuah cincin belah atau yang biasa disebut dengan komutator dibagian outputnya.

Dengan kalian mengetahui perbedaan dari generator AC dan DC, yuk fixco bahas lagi dengan jenis - jenis generator set diesel dan bensin

Generator Set Diesel

Jenis mesin genset diesel banyak digunakan secara umum dan mudah ditemukan produknya. Umumnya, mesin genset ini memiliki kapasitas dari 5 KW (5000 Watt) sampai 2 MW (2.000.000 Watt). Mesin genset diesel memiliki 2 sampai 16 silinder.

 

Generator Set Bensin

Mesin genset ini menggunakan bahan bakar bensin dan memiliki kapasitas maksimal 10 KW ( 10.000 Watt ). Mesin genset jenis ini pun sangan mudah ditemukan karena banyak yang menggunakannya.

Nah, Fixers sudah tau belum perbedaan tipe dan jenis generator set? Sekarang, gausah bingung lagi buat cari Generator set berbahan bakar diesel, bensin atau genset silent, semuanya ada dan tersedia di fixcomart loh, cek sekarang disini! untuk mengetahui produk apa aja yang dijual fixcomart ya. Ayo buat daya listrik cadangan untuk membantuk proses administrasi dikantor kembali lancar jika ada pemadaman listrik mendadak. jangan sampai kehabisan ya.


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami