Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Komponen karburator motor dan fungsinya

Komponen karburator motor dan fungsinya

21 Jun 2022
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart - Perkembangan industri otomotif didunia semakin membuat kebanyakan orang jarang mendengar lagi komponen dari sebuah kendaraan motor yaitu Karburator. Era sekarang, kebanyakan kendaraan otomotif sekarang menggunakan Elektrik atau Injeksi, walaupun memiliki fungsi yang sama seperti karburator pada umumnya. Namun, pada injek memiliki sedikit perbedaan fisik dengan Karburator Motor umum.

Karburator memiliki beberapa komponen penting yang berfungsi untuk mencampur bahan bakar  dan udara  dengan ukuran tepat serta sesuai kebutuhan untuk selanjutnya disalurkan kedalam ruangan bahan bakar dalam bentuk kabut.

Berikut beberapa komponen penting Karburator motor, Fungsi & Spesifikasinya :

Daftar Komponen Karburator Motor dan Fungsi

Float Chamber ( Mangkok Pelampung Karburator Motor )

Mangkok pelampung karburator motor memiliki fungsi untuk menampung sementara cairan bahan bakar atau bensin dari tangka sebelum di proses dan dialirkan ke ruangan pembakaran.

Pelampung ( Floater )

Pelampung merupakan komponen yang berfungsi untuk mengatur bahan bakar yang ada didalam mangkok pelampung agar permukaannya tetap dan tidak meluap yang mengakibatkan kelebihan bahan bakar membuat motor menjadi tidak bisa nyala karena kelebihan bahan bakar yang masuk kedalam mesin.

Katup / Jarum Pelampung ( Float Valve )

Jarum pelampung ini berfungsi untuk mengatur masuknya asupan bahan bakar ke dalam mangkok karburator. Katup atau jarum pelampung ini juga secara otomatis akan menutup saluran suplai bahan bakar dari tangka.

Skep / Katup Gas

Skep atau katup gas berfungsi untuk mengatur jumlah bahan bakar dengan udara yang akan dialirkan ke dalam ruang bahan bakar.

Jarum Skep atau Jarum Gas

Jarum skep atau jarum gas berfungsi untuk mengatur besarnya jumlah semprotan bahan bakar dari main nozzle pada saat motor digas dengan pembukaan katup.

Main Jet

Main jet adalah komponen yang mengendalikan aliran bahan bakar sistem putaran menengah dan tinggi. Semakin besar ukuran semakin besar pula bahan bakar yang mampu dialirkan.

Pilot Jet

Pilot jet karburator merupakan komponen yang berfungsi untuk mengendalikan aliran bahan bakar pada sistem putaran rendah serta menengah. Semakin besar ukuran semakin besar juga bahan bakar yang mampu dialirkan.

Dari penjelasan komponen karburator, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain komponen pada jarum skep, main jet dan pilot jet.


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami