Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Jenis Tambal Ban Motor dan Cara Menggunakannya

Jenis Tambal Ban Motor dan Cara Menggunakannya

05 Jul 2022
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart - Dengan terus berkembangnya industri otomotif, memiliki kendaraan motor dengan ban tubles itu sangat memudahkan kita ketika ban terkena ranjau paku. Perkembangan teknologi menjadikan ban yang awalnya harus menggunakan ban dalem, sekarang hanya tinggal menggunakan ban tubles saja. Perbedaan pada ban tubles dan ban biasa adalah ketika terkena ranjau paku, ban yang menggunakan tubles tidak akan langsung kempes atau kehabisan angin berbeda dengan ban yang menggunakan ban dalem, ban ini akan langsung kempes karna tidak dilengkapi dengan teknologi tubles.

Komponen Karburator Motor dan Fungsinya

Sebenarnya, cara menambal ban tubles tidak sulit. Hanya membutuhkan alat tambal ban tubles kit atau bisa di klik disini. Alat ini sangat membantu kamu ketika dalam keadaan darurat dengan ban yang bocor.

Selain itu, ada juga jenis alat tambal ban motor atau alat tambal ban tubles lainnya yang dapat kamu temukan di marketplace besar di Indonesia. Simak untuk mengetahui jenis alat tambal ban lainnya.

Jenis alat tambal ban tubles

Alat tambal ban tubles yaitu untuk melapisi bagian yang berlubang akibat terkena ranjau paku hingga lubang kecil atau lebih dikenal dengan sebutan bocor halus. Alat ini akan membantu menutupi lubang – lubang yang ada di ban motor sehingga tidak terjadi bocor. Cara pemakaian yang mudah dan juga cepat dapat membantu kita dalam keadaan darurat. Berikut jenis alat tambal ban Tubles :

String Tubeless / Karet Tubles

Mengutip dari Pinhome, menjelaskan bahwa Jenis tambal ban tubles yang pertama yaitu menggunakan string tubeless. Orang awam biasa menyebut jenis tambalan ini dengan tambal cacing. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena bentuk material dari penambalnya seperti cacing. Metode tambalan string tubeless merupakan jenis tambalan yang paling sering dijumpai di tempat tambal ban.

Jenis tambal ban seperti ini bertahan hingga 6 bulan atau bisa lebih. Biasanya karet tambal ban yang sudah melebihi batas waktu pemakaian akan mengeluarkan angin kembali seperti bocor halus dan harus segera di tambal.

Peluru Tubeless

Jenis alat tambal ban tubles ini mirip dengan tambalan cacing seperti yang ada pada jenis sebelumnya. Pada tambal ban peluru membutuhkan material penutup lubang ban yang bocor berbentuk peluru. Selain itu, bodinya berbentuk silinder yang ujungnya tajam. Cara pemasangannya sendiri mirip dengan tambal ban string tubeles.

Tire patch / Alat tambal ban tubeless

Teknik tambal ban tire patch lebih bagus dari pada model cacing dan peluru. Untuk cara penambalammua sendiri dilakukan pada bagian bocor. Bagian bocor tersebut akan dikikis terlebih dahulu sebelum dipasang dengan tire patch. Jika sudah, bagian tambalan tersebut ditekan dengan alat yang diberi pemanas selama beberapa saat agar melekat.

Itulah beberapa Jenis alat tambal ban tubles yang sering dijumpai. Temukan info menarik lainnya di Fixcomart.com dan temukan produk otomotif lainnya hanya di Fixcomart.com


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami