Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Cepat Lakukan 6 Hal Ini Saat Motor Mogok Terendam Banjir

Cepat Lakukan 6 Hal Ini Saat Motor Mogok Terendam Banjir

03 Jan 2020
perkakas-dan-otomotif

Hujan deras yang melanda DKI Jakarta dan sekitarnya membuat sejumlah wilayah terendam banjir belakangan ini. Hal ini dampak intensitas hujan yang belum kunjung berhenti sejak Selasa sore terakhir.

Tak jarang, motor yang digunakan mogok karena beberapa komponen terendam air sehingga mengalami kerusakan.

Terdapat beberapa solusi yang akan membantu menghidupkan motor saat mogok di tengah banjir.

1. Tenang dan Jangan Panik

Poin pertama ini harus diperhatikan, setelah keadaan lebih tenang, menganalisa keadaan motormu akan lebih berkonsentrasi. Jangan lupa posisikan motor seaman mungkin. Pilih tempat yang agak longgar dan tidak mengganggu.

2. Cek Busi dan Keringkan

Analisa pertama, perhatikan bagian busi. Lepaskan busi motor dan coba dikeringkan. Karena itu, pengendara diimbau untuk selalu membawa kunci busi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Setelah motor yang terendam banjir dikeringkan, coba gunakan kick starter tanpa busi menancap pada motor. Lakukan beberapa kali dan setelah itu pasang kembali busi. Apabila berhasil perhatikan step nomor 5 dari artikel ini.

3. Cek Filter Karburator
Saringan udara tidak boleh terkena air. Karena itu cek filter karburator atau injector. Apabila di dalamnya terdapat banyak air, hal wajar bila motor tak bisa menyala.

4. Cek Knalpot

Knalpot sebagai sarana pembuangan gas juga wajib terhindar dari air. Apabila pengendara tiba – tiba mengurangi gas ditengah banjir, knalpot dengan otomatis menghisap air di sekitarnya. Hal ini menjadi salah satu penyebab motor mogok.

Solusi mengatasi hal ini yakni standar tengah motormu, dan posisikan ujung knalpot lebih rendah dari pangkalnya.

5. Panaskan Motor

Setelah menemukan penyebabnya, jangan lupa diamkan beberapa saat mesin motor setelah menyala. Untuk menyalakan gunakan kick starter saat kontak dalam posisi off. Gunakan manual starter atau kick starter beberapa kali, dan nyalakan kontak motormu.

Jika mesin motor telah dipicu selama beberapa kali, maka dengan sedikit sentuhan dari kick starter-mu motor akan menyala kembali.

6. Tunggu Sampai Layak Jalan
Walaupun sudah menyala, bukan berarti motormu bisa langsung digunakan. Tunggu beberapa menit untuk memastikan motor kembali dalam suhu yang optimal untuk dikendarai.

Cara mengetahui motor sudah siap untuk dikendarai yakni gas sudah stabil. 

 

 

 

( Sumber : liputan6 )


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami