Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Cara Setting Karburator Motor Agar Langsam dan Irit

Cara Setting Karburator Motor Agar Langsam dan Irit

17 Sep 2020
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart - Karburator merupakan bagian yang penting untuk hidup atau tidaknya motor, banyak anak - anak seusia remaja sekarang mulai mencoba - coba untuk membongkar motor sendiri dengan memanfaatkan omongan dari teman seusia mereka, hingga searching melalui Google dengan kata kunci "Cara setting karburator" dan akhirnya motor yang awalnya baik - baik saja menjadi rusak / karburator mengalami error.

Baca Juga: 7 Komponen Karburator Motor dan Fungsinya

Jika kamu mengalami masalah diatas dan sudah mencari cara agar motor kembali normal lagi, namun tidak menemukan juga caranya. Nih, Fixco kasih tau caranya setting karburator motor agar motor FIXers kembali normal dan menjadi langsam alias normal.

Cara setting Karburator Motor dengan Obeng Minus

Mesin pada motor sendiri terdiri dari berbagai macam komponen yang bekerja apabila ada campuran udara dan bahan bakar. Campuran tersebut sudah dikomposisi sesuai takarannya sehingga pas dan langsam pada saat digunakan. Untuk memudahkan proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar, campuran bahan bakar dan udara ini akan membuat komposisi pas dan tepat. Dengan begitu melakukan penyetelan pada karburator motor akan menjadi hal yang penting. 

Dengan menyetel karburator motor yang baik dan benar akan mengembalikan fungsi utama motor yang brebet atau tersendat akibat kotoran atau udara lebih yang masuk kedalam karburator motor. Cara setting karburator motor sendiri mungkin tidak mudah dilakukan oleh sembarangan orang, namun akan cukup mudah dilakukan mekanik yang sudah berpengalaman di bidang otomotif terutama bengkel motor / mobil.

Sebelum Fixcomart jelasin untuk cara setting karburator motor, Fixcomart kasih tau dulu, jika karburator motor kamu mengalami Ciri atau tandan dan harus diservice atau di setting ulang karburator motornya , simak penjelasannya dibawah yuk :

Tarikan Motor menjadi Brebet di RPM Rendah / Tersendat - sendat

Jika motor kamu mengalami masalah ini, coba dengan membuka karburator motor dengan menyiapkan obeng (+) dan obeng (-) untuk membuka pengikat manipol yang ada di blok mesin kamu. Setelah membuka karburator dari manipol, coba dengan membuka penahan baut dibawah karburator, biasanya ada 3 - 4 baut. Nah, jika sudah dibuka semua, kamu coba dengan melihat bak tampung karburator motor. Biasanya ada kotoran yang menyumbat / ada air yang masuk kedalam karburator. Jika pada saat karburator motor kamu dibuka, namun tidak menemukan apa apa, coba kamu membuka mainjet karbu dan pilot jet karbu dengan obeng (-) dan tang. Jangan lupa untuk membersihkan dengan sikat kawat dan juga bensin yah, kemudian setelah selesai pasang kembali dengan mengulangi langkah langkah diatas.

Motor menjadi susah menyala saat pagi hari

Nah, kondisi ini sering sekali terjadi. Pada saat mesin motor ingin dipanaskan di pagi hari alhasil susah menyala akibat mesin motor yang dingin atau motor yang sudah lama belum di service. Coba kamu membuka Karburator dengan cara diatas, jika sudah dilakukan coba dengan mengganti ukuran pilot jet dari ukuran standar motor. Jika sudah selesai dengan mengganti ukuran pilot jet namun motor masih susah menyala, coba disesuaikan dengan mengganti sampai menemukan ukuran pilot jet yang pas.

Jika, kendala seperti masalah yang sudah dijelasin ditemukan, coba kamu mulai dengan mengikuti langkah - langkah diatas. Yuk, Fixco lanjut mengenai penjelasan cara setting karburator motor supaya langsam dan irit.

Cara Setting Karburator dengan Menyiapkan Obeng

Sebelum FIXers memulai melakukan setting karburator motor, siapkan dulu obeng (-) dan obeng (+) untuk memutar setelan udara dan setelah bensin di karburator motor FIXers. Dengan obeng ini bisa memudahkan FIXers untuk melakukan setting karbu dengan mudah.

  1. Pertama, hidupkan mesin motor untuk mendengarkan suara mesin dan kelangsaman karburator.
  2. Kedua, putar setelan gas searah jarum jam, untuk menaikan RPM sekitar 1500 - 2000 RPM dari motor FIXers.
  3. Ketiga, putar setelan bensin / udara searah jarum jam sampai full dan putar berlawanan arah jam 2 - 3 kali dengan ukuran ( 1 x putar = 360 derajat ).
  4. Keempat, putar setalan gas sesuaikan dengan suara mesin.

Kenali penyebab motor brebet di RPM Rendah

Ada beberapa penyebab motor brebet di RPM rendah motor yang kalian gunakan sehari hari. Wajar jika motor mengalami masalah ini, karena penggunaan motor hampir setiap hari. Penyebab motor brebet di RPM rendah antara lain adalah salah setting pada karburator motor, sehingga menyebabkan diruang pembakaran tidak sempurna dan menyebabkan motor brebet di RPM rendah.

Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mengetahui penyebab-penyebab utama yang membuat motor brebet di RPM rendah. Berikut penyebabnya :

1. Setting Karburator Motor Salah

Penyebab motor brebet di RPM rendah adalah kesalahan pada saat setting karburator motor. Karena kesalahan ini bisa mengakibatkan ruang pembakaran pada karbu menjadi tidak optimal dan menghasilkan karburator motor menjadi brebet di RPM rendah. Akibatnya, kesalahan setting karburator motor dapat menyebabkan motor tidak berfungsi optimal.

2. Fungsi Busi Tidak Optimal

Penyebab motor brebet di RPM rendah lainnya adalah dari fungsi busi yang sudah tidak optimal, ini bisa menjadi penyebab lainnya. Ciri utama dari fungsi busi yang tidak optimal adalah motor brebet di RPM rendah. 

Untuk pemilik kendaraan motor harus memeriksanya secara berkala pada saat service motor. Sebab jika tidak, Fungsi utama busi menjadi kurang optimal akibat busi yang rusak sehingga motor menjadi brebet di RPM rendah.

3. Karburator Kemasukan Air

Penyebab lainnya adalah adanya air yang masuk ke bagian karburator motor. Sehingga, Motor Brebet di RPM rendah. Sering terjadi air yang masuk ke dalam karburator motor ini menjadi penyebab utamanya. Adanya kebocoran pada karet filter karburator atau kurang pas pada saat pemasangan karet filter ini. Cara mengatasinya dengan cara membuka tabung karbu dengan obeng kembang.

4. Kotornya Tangki Kendaraan

Tangki motor yang sudah berkarat atau kotor bisa mengakibatkan motor menjadi brebet di RPM rendah. Ini dikarenakan, kotoran yang ada didalam tangki ikut masuk kedalam karburator motor sehingga menyebabkan pembakaran menjadi tidak bersih dan brebet di putaran bawah. Sebaiknya selalu kurang tangki motor mu minimal 6 bulan sekali untuk menghindari kotoran yang menumpuk di dalam tangki.

Jika, cara setting karburator dan penyebab motor brebet di RPM rendah diatas sudah dilakukan dengan benar, maka motor bisa dinyalakan dengan sekali Kickstart / menggunakan Stater. Selamat mencoba dirumah ya FIXers! Beli alat bengkel untuk dirumah dengan online langsung dari Website Fixcomart.com dan marketplacenya ya. Sekali klik barang pesanan sudah bisa sampai rumah tanpa harus keluar rumah.


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami