Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Cara Merawat Mesin Bor Listrik yang Benar

Cara Merawat Mesin Bor Listrik yang Benar

09 Jan 2019
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart - Sebelum kita menggunakan mesin bor tentunya kita juga harus mengetahui terlebih dahulu cara penggunaannya dengan membaca manual book yang disertakan pada packaging mesin bor listrik tersebut. Dan hal yang tidak kalah pentingnya setelah anda sudah mengetahui cara penggunaann mesin bor listrik tersebut adalah Cara merawat mesin bor tersebut. Hal ini adalah hal yang penting karena memang semua mesin harus dirawat sesuai dengan prosedur perawatannya agar mesin bor listrik tersebut lebih awet digunakan dan selalu dalam performa yang maksimal.

Tetapi sebelum kami membahas tentang beberapa poin-poin dari cara merawat mesin bor listrik yang baik dan benar, tentunya kami akan menjelaskan sedikit tentang apa itu mesin bor listrik dan bagaimana pengoperasiannya yang benar. Hal tersebut perlu kami jelaskan juga karena termasuk kedalam poin-poin tentang cara merawat mesin bor listrik. Dan jika kita dapat mengoperasikan mesin bor listrik dengan benar tentunya akan membantu performa mesin bor listrik tersebut menjadi maksimal.

Baca Juga : Tips Cara Menggunakan Mesin Bor Listrik untuk Pekerjaan

Gambar Illustrasi Bor Tangan Ryu

Mesin bor listrik adalah sebuah alat yang digunakan untuk melubangi bahan yang terbuat dari besi, kayu, plastik, tembok maupun bahan lainnya. Cara kerja dari mesin bor ini sendiri adalah dengan merotasi mata bor dengan kecepatan yang sangat cepat sehingga mampu melubangi objek yang disentuhnya. Karena cara kerjanya yang berotasi, mesin bor listrik biasanya memiliki rotasi putaran mata bor ke kanan. Tetapi untuk beberapa tipe tertentu sudah dilengkapi dengan sistem rotasi dua arah yaitu rotasi kanan dan kiri. Kegunaan dari rotasi kanan umumnya adalah untuk melubangi objek yang disentuhnya, sedangkan untuk rotasi kiri umumnya digunakan untuk melepaskan mata bor dengan memutar arah sebaliknya. Sebagian mesin bor listrik juga menggunakan rotasi kiri untuk melepaskan baut atau mur yang tertancap pada objek, sehingga tidak membutuhkan tenaga tangan manusia manual.

Lagi Cari Mesin Bor Listrik?

Gambar Illustrasi Isi daLam Mesin Bor Tangan

Untuk cara merawat mesin bor dengan cara mengoperasikan mesin bor listrik tersebut secara benar, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah :

Sebelum anda menggunakan mesin bor listrik tersebut, periksa terlebih dahulu drill chuck apakah sudah terkunci dengan baik atau belum, karena hal ini tentunya dapat membahayakan keselamatan kerja anda jika mata bor terlepas dari drill chucknya ( kepala mesin bor ). Dan tentunya dapat merusak mesin bor listrik jika mata bornya mengenai bagian kabel ataupun body dari mesin bor listrik tersebut.

1. Pastikan mata bor sudah terkunci dengan baik.

2. Sesuaikan mata dengan objek kerja yang akan dikerjakan.

3. Dalam membuka atau membongkar pasang mata bor, gunakanlah key chuck yang telah tersedia saat anda membeli mesin bor tersebut. Jangan menggunakan tangan anda untuk membuka pasang mata bor karena kekuatan tangan manusia tidak akan dapat mengunci mata bor dengan sempurna.

Setelah kita tau bagaimana cara merawat mesin bor listrik dengan menggunakannya secara benar, maka kali ini kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara merawat mesin bor listrik secara rutin agar performa mesin bor terus bagus dan tidak menurun. Karena tentunya sebuah mesin membutuhkan perawatan berkala sama seperti mesin-mesin motor dan mobil yang ada saat ini. Semakin mesin bor sering dirawat secara berkala, tentunya kinerja dan masa penggunaan dari mesin bor listrik tersebut akan semakin lama. Untuk cara merawat mesin bor secara rutin dibutuhkan beberapa poin-poin atau langkah-langkah yang kami sebutkan pada poin-poin dibawah ini

1.Bersihkanlah selalu lubang verifikasi udara yang ada pada mesin. Anda dapat menggunakan kompresor angin untuk membersihkannya agar lebih cepat dan mudah.

2.Jangan gunakan mata bor yang tidak sesuai dengan objek kerjanya.

3. Periksalah selalu carbon brush, kalau sudah mencapai 6 mm panjangnya, maka carbon brush tersebut seharusnya diganti dengan yang baru.
dan Setiap penggantian Carbon brush yang baru, selalu gunakan grease ( gemuk ) baru pada gearnya.

Sumber (Niagamas.co.id)


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami