Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Cara Menggunakan Perkakas Dremel

Cara Menggunakan Perkakas Dremel

12 Dec 2019
perkakas-dan-otomotif

Jika Anda pernah bekerja di tempat pengolahan kayu atau bengkel besi, kemungkinan besar Anda sudah pernah melihat Dremel. Dremel adalah alat semacam bor yang matanya bisa dipasangkan berbagai kepala dan aksesori. Anda bisa menggunakan Dremel pada kayu, logam, barang elektronik, plastik, dan berbagai bahan lain. Dremel juga sangat berguna untuk membuat karya seni dan kerajinan, serta proyek perbaikan kecil di rumah. Alat ini juga berguna untuk mengerjakan bagian-bagian yang kecil dan sulit diraih. Setelah mempelajari dasar-dasar penggunaan dan mencobanya pada beberapa proyek, Anda akan menyadari keserbagunaan alat ini.

 

1 Memilih Dremel. Dremel adalah salah satu perusahaan yang pertama kali membuat alat-alat putaran (rotary), dan namanya melekat pada alat ini hingga kini. Dremel juga membuat beragam alat lain, termasuk obeng listrik dan scroll saw (gergaji putar). Coba cari alat-alat yang saat ini mereka jual untuk menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Harga alat ini bervariasi sehingga Anda harus memastikan akan memperoleh alat yang benar. Pilihan-pilihan alat-alat Dremel di antaranya.
• Model berkabel atau nirkabel
• Ringan dan portabel, atau kuat dan kokoh
• Masa hidup baterai yang lebih lama
• Kecepatan tetap (biasanya lebih mudah dan mudah digunakan) atau kecepatan variabel (lebih baik untuk proyek pengampelasan rumit dan lebih mahal).


2. Baca buku panduan penggunaan. Saat membeli perangkat ini, Anda akan menerima alat Dremel, berbagai variasi mata bor dan pelengkap lain, serta buku panduan penggunaan. Anda harus membaca panduan penggunaan sebelum menggunakan Dremel untuk pertama kalinya). Hal ini akan membantu Anda membiasakan diri dengan kontrol perangkat. Cari lokasi tombol pengaturan kecepatan, hidup/mati, dan tombol untuk mengganti mata bor. 
• Oleh karena model perangkat Anda mungkin berbeda dari model tahun sebelumnya, sebaiknya baca buku panduan penggunaan dengan saksama.


3. Kenakan perlengkapan pengaman yang sesuai. Anda harus selalu mengenakan sarung tangan kerja atau karet saat menggunakan Dremel. Sarung tangan akan melindungi tangan dari serpihan dan pinggiran tajam. Sebaiknya Anda juga mengenakan kacamata pengaman, terutama saat memotong, memoles, atau mengampelas menggunakan Dremel. 
• Usahakan untuk menjaga kebersihan ruang kerja Anda. Pastikan juga ruang kerja Anda tidak bisa dimasuki anak-anak dan orang lain saat sedang menggunakan alat.

4. Berlatih memasukkan dan mengeratkan mata bor. Mata bor dipasangkan dengan memasukkan mata bor ke lubang di ujung Dremel dan mendorongnya ke belakang sedikit. Eratkan mur collet supaya mata bor rapat dan tidak bergoyang. Untuk melepaskan mata bor, tekan tombol kunci batang selagi memutar collet. Mata bor Anda akan melonggar sedikit sehingga bisa diganti. [4]
• Usahakan untuk berlatih memasukkan dan mengganti mata bor ketika Dremel dalam keadaan mati dan tidak tersambung dengan soket listrik.
• Sebagian model dilengkapi dengan collet yang dirancang supaya bisa disambung dan dilepaskan dengan mudah.
• Anda juga bisa mendapatkan collet dalam berbagai ukuran untuk digunakan bersama shank (batang) aksesori dengan beragam ukuran. [5]
• Dalam sebagian kasus, mungkin Anda perlu menggunakan mandrel, yaitu jenis shank dengan kepala berulir. Ini adalah tipe shank permanen yang digunakan dengan mata bor untuk memoles, memotong, atau mengampelas.

5. Gunakan mata bor yang sesuai dengan pekerjaan Anda. Anda harus memilih mata bor sesuai dengan bahan yang dikerjakan. Dremel membuat banyak mata bor dengan beragam bahan untuk digunakan pada hampir segala bahan. Sebagai contoh, untuk:
• Mengukir dan memahat: gunakan pisau cutter berkecepatan tinggi, pisau cutter pengukir, pisau cutter karbida gigi terstruktur (structured tooth carbide), pisau cutter karbida tungsten, dan ujung roda intan.
• Merute: gunakan mata bor router (lurus, lubang kunci, sudut, atau beralur). Saat menggunakan router, usahakan hanya menggunakan mata bor router.
• Pengeboran kecil: gunakan mata bor (dijual satuan atau satu set).


6. Pastikan Dremel Anda dalam keadaan mati sebelum disambungkan ke soket listrik. Setelah dicolokkan, nyalakan Dremel ke setelan terendah dan berlatihlah mengubah setelan ke kecepatan yang berbeda.
• Untuk membiasakan diri dengan Dremel, coba pegang perangkat dengan berbagai genggaman. Untuk pekerjaan yang rumit, sebaiknya pegang seperti menggenggam pensil. Untuk pekerjaan besar, pegang alat dengan kuat sehingga jari-jari Anda menggenggam gagang dengan erat.
• Gunakan penjepit atau ragum supaya bahan yang dikerjakan tidak bergerak.
• Cek buku panduan penggunaan untuk menentukan kecepatan yang tepat untuk pekerjaan yang akan dilakukan.

7. Bersihkan Dremel setelah digunakan. Lepaskan mata bor dan masukkan kembali ke kotaknya. Sempatkan untuk mengelap bor dengan kain setiap kali selesai digunakan. Dremel akan tahan lama jika Anda menjaga kebersihannya. Baca buku panduan penggunaan sebelum membongkar Dremel untuk dibersihkan secara menyeluruh. 
• Anda akan perlu sering menggunakan udara terkompresi untuk membersihkan saluran udara Dremel. Hal akan mencegah kerusakan pada jaringan listrik perangkat.

 

Sumber : id.m.wikihow

 


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami