Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Penjelasan dan Cara Menggunakan Mesin Gergaji Jigsaw

Penjelasan dan Cara Menggunakan Mesin Gergaji Jigsaw

25 Jul 2019
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart - Mesin jigsaw adalah mesin gergaji yang bergerak naik turun, biasa digunakan untuk memotong kayu terutama untuk membentuk potongan yang berlekuk-lekuk. Karena blade atau pisau nya yang tipis mesin potong ini kurang cocok untuk memotong papan tebal karena akan menghasilkan potongan yang kurang rata. Jika kamu ingin memotong triplek tebal dengan bentuk lingkaran atau oval, mesin jigsaw ini akan sangat membantu. 

Baca Juga : Tips Untuk Memilih Mesin Jigsaw Sesuai Kebutuhan

Gambar 1. Cara Menggunakan Mesin Jigsaw

Mesin jigsaw terdapat beberapa jenis pisau/mata gergaji, ada yang halus kasar dan lain-lain tergantung penggunaan. Mata pisau kasar menghasilkan potongan yang cepat tetapi kurang rapi, sebaliknya mata pisau halus menghasilkan potongan yang lebih halus/rapi tetapi akan lebih memakan waktu.

Cara Memasang Mata Gergaji Jigsaw

Sebelum memasang, pastikan steker/colokan mesin jigsaw tidak terhubung dengan stop kontak untuk mengindari hal yang tidak diinginkan. Cara pemasangan dan penggunaan mesin jigsaw kemungkinan berbeda-beda antara merek satu dengan yang lainnya, untuk lebih jelasnya bacalah buku manual penggunaan yang didapatkan saat membeli mesin jigsaw. Pastikan gunakan kacamata dan perlengkapan pengaman lainnya saat menggunakan mesin jigsaw.

  • Colokkan jigsaw pastikan jangan terhubung ke listrik.
  • Bacalah buku manual cara penggunaan yang ada di dalam dus atau kotak.
  • Gunakan kacamata atau masker saat mulai menggunakan jigsaw, agar terhindar dari masuknya serpihan kayu ke area wajah.
  • Pasang mata gergaji pada mesin jigsaw lalu kencangkan baut menggunakan kunci L yang sudah disediakan.

Gambar 1.1 Cara Pasang Mata Gergaji Jigsaw

Cara Menggunakan Jigsaw

  • Sebelum memasang steker pada stop kontak, pastikan switch/saklar gerinda pada posisi off.
  • Tekan/tarik saklar untuk menyalakan mesin. Pada jigsaw tipe tertentu juga terdapat saklar untuk mengatur kecepatan jigsaw, putar saklar untuk mendapatkan kecepatan yang dibutuhkan.

Tips Menggunakan Jigsaw

Jika kamu ingin memotong kayu/triplek dengan lurus, gunakannya papan sebagai guide/penggaris. Dengan ini plat jigsaw akan mengikuti bagian samping papan.


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami