Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Cara Menggunakan Kunci Sok yang Benar

Cara Menggunakan Kunci Sok yang Benar

08 Sep 2018
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart - Banyaknya jenis kunci alat teknik yang ada seperti kunci pas, kunci ring maupun kunci kombinasi, ada jenis kunci sock yang bila secara aturan menjadi pilihan pertama yang harus dipilih ketika mengendurkan/mengencangkan baut, hal ini berlaku terutama ketika tersedia ruang yang luas.

Fungsi Kunci Socket

Fungsi kunci sock adalah untuk melepas/memasang baut dan mur dan pilihan pertama yang harus dipilih karena akan pas pada kepala baut/mur sehingga meminimalisir terjadinya kepala baut yang gundul atau tergelincir saat pelepasan/pengencangan.

Kunci sock juga merupakan kunci yang sangat efektif, karena disertai dengan kelengkapan tambahan yang dapat disambungkan dengan ujung penggerak sehingga ketika melepas/mengencangkan baut/mur dapat dilakukan dalam waktu yang efisien. 

Dalam satu set kunci sock terdiri dari berbagai macam ukuran, setang dansambungan. Ada setang sock yang mirip kunci T, ada juga setang sock yang bernama rachet untuk mempercepat proses pelepasan maupun pengencangan. Setang sock juga dapat disambung dengan pipa, untuk memperbesar momen.

Baca Juga: Cara Menggunakan Kunci Torsi Momen

1. Kunci Sok

Kunci sok adalah alat yang dapat digunakan untuk pelepasan dan penggantian mudah baut/mur dengan menggabungkan berbagai macam pegangan dan sok, tergantung pada kondisi pengoperasian.

Pemakaian
Alat ini mencengkram baut/mur yang dapat dilepas atau diganti dengan set kunci sok.

1. Ukuran sok
Tersedia dalam dua ukuran: Besar dan kecil. Part yang besar mendapatkan momen yang lebih besar daripada yang kecil.

2. Kedalamam sok

Tersedia dalam dua tipe: Standar, dan dalam, yang mana lebih dalam 2 atau 3 kali daripada standar. Tipe dalam dapat dipakai pada mur yang ditonjolkan oleh baut, yang tidak sesuai dengan sok tipe standar.

3. Rahang
Tersedia dalam dua tipe: Heksagonal ganda dan heksagonal. Part heksagonal mendapatkan permukaan kontak yang besar dengan baut/mur, sehingga sangat sulit untuk merusak permukaan baut/mur.

2. Adapter ( Sambungan )

Adaptor kunci sok
1. Adaptor sok (Besar - kecil)
2. Adaptor sok (Kecil - besar)
3. Sok dengan ukuran penggerak kecil
4. Sok dengan ukuran penggerak besar


Adaptor digunakan sebagai penghubung untuk mengganti ukuran penggerak segi empat sok (socket square drive).

Pilihlah adaptor sesuai dengan kondisi yang ada. Momen yang terlalu besar memberikan beban pada sok itu sendiri atau pada baut kecil. Momen harus diberikan sesuai dengan batas pengencangan yang ditentukan.

3. Universal Joint

Universal joint
Universal joint adalah penggerak segi empat sok (socket square drive) yang dapat digerakkan bolak-balik, atau ke kanan dan kiri, dan sudut pegangan yang berhubungan dengan kunci sok dapat diganti dengan bebas, sehingga membuat alat ini menjadi berguna untuk penggunaan di tempat terbatas.

Tetap ada beberapa hal yang harus anda perhatikan jika menggunakan universal joint :

1. Jangan memberikan momen dengan pegangan dimiringkan ke sudut yang besar.
2. Jangan menggunakan untuk alat udara (air tool). Persambungan dapat menjadi terlepas, sehingga tidak dapat menyerap ayunan putaran, dan menyebabkan kerusakan pada alat, part atau kendaraan.

4. Batang Sambungan


batang sambuangan kunci sok
Adapun keguaan sambuangan ini yaitu :

1. Dapat digunakan untuk melepas dan mengganti baut/mur yang diletakkan terlalu dalam untuk dicapai.
2. Batang Persambungan dapat juga digunakan untuk menaikkan alat dari permukaan datar untuk mempermudah jalan masuk.

5. Pegangan Pemintal

Pegangan pemintal

Pegangan ini digunakan untuk melepas dan mengganti baut/mur dimana dibutuhkan momen yang besar. Rahang sok memiliki pergerakan engsel, yang memungkinkan sudut pegangan disetel untuk mencocokkan dengan kunci sok. Keuntungan pegangan ini dibanding dengan alat yang lain adalah pegangan ini dapat bergeser memanjang dan memendek, sehingga  memungkinkan panjang cengkeraman diganti.

Geser pegangan sampai berbunyi klik pada posisi penguncian sebelum penggunaan. Bila pegangan tidak pada posisi penguncian, maka pegangan dapat bergeser ke dalam atau ke luar selama penggunaan. Hal ini dapat merubah posisi pengerjaan teknisi dan mengarah pada cidera.

6. Pegangan Bergeser

 

Pegangan bergeser

Pegangan ini dapat digunakan dengan dua cara dengan menggeser bagian penggerak sok.

  • Bentuk-L: Untuk momen tinggi
  • Bentuk-T: Untuk kecepatan naik

7. Rachet


rachet
1. Pengendoran
2. Pengencangan

Penggunaan rachet sangat mudah, caranya putar tuas pengesetan ke kanan untuk mengencangkan baut/mur dan putar ke kiri untuk mengendorkannya. Baut/mur dapat diputar ke satu arah tanpa perlu memasang kembali kunci sok.

Kunci sok dapat dikunci dengan sudut balik kecil, sehingga memungkinkan pengerjaan di tempat terbatas.

Untuk pembelian kunci sok dapat dilakukan via WhataApp dengan cara klik tombol dibawah ini

   


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami