Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Cara Menggunakan Gerinda Tangan

Cara Menggunakan Gerinda Tangan

20 Jul 2018
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart - Mesin Gerinda tangan adalah salah satu power tool yang wajib dimilik di bengkel. Mesin Gerinda tangan memiliki banyak fungsi, untuk memotong besi/keramik, mengamplas, mengikis besi, bahkan untuk memoles. Jika kamu berencana untuk membeli mesin gerinda tangan pertamamu, Fixco sarankan untuk membeli Mesin gerinda tangan dengan merek yang ternama hanya di Fixcomart. Alasan untuk tidak membeli mesin gerinda tangan murahan adalah getaran yang dihasilkan cukup besar dan mudah panas setelah beberapa lama digunakan yang menyebabkan penggunaan listrik yang lebih boros.

Jenis-jenis Mata Gerinda & Fungsinya

1. Mata Gerinda Potong (Cutting Wheel) 

Sesuai dengan penamaannya, mata gerinda jenis ini berfungsi untuk melakukan pemotongan pada objek besi, logam, stainless dan alumunium.

2. Ampelas Gerinda

Ampelas Gerinda ini memiliki dua jenis yaitu Ampelas gerinda susun (Flap Disc) dan ampelas gerinda datar (Fibre Disc). Fungsi utama alat ini untuk mengamplas, kita biasa menggunakan mata gerinda ini untuk menghilangkan cat pada kayu atau besi karena tidak terlalu merusak permukaan benda.

3. Grinding Wheel

Mata batu gerinda atau biasa disebut dengan Grinding wheel ini berfungsi untuk mengikis permukaan logam. Jenis mata gerinda Grinding wheel ini sering digunakan.

4. Sanding disc

Seperti kertas gosok/amplas biasa dengan tingkat kehalusan/kekasaran yang berbeda-beda.

5. Polishong Pad

Alat ini berfungsi sebagai pengkilap dari tampilan produk yang menggunakan cat Clear Coat.

6. Sikat Gerinda (Brush Wheel)

Fungsi utama mata gerinda ini adalah untuk membersihkan bagian logam dari karat dan kerak. Sikat gerinda ini juga berfungsi untuk mengelupas laposan permukaan kayu dengan tujuan untuk menghilangkan lapisan itu.

Baca Juga: Jenis Mata Gerinda Beserta Fungsinya

Cara Pasang Mata gerinda

Sebelum memasang, pastikan steker/colokan gerinda tidak terhubung dengan stop kontak untuk mengindari hal yang tidak diinginkan. Cara pemasangan dan penggunaan gerinda kemungkinan berbeda-beda antara merek satu dengan yang lainnya, untuk lebih jelasnya bacalah buku manual penggunaan yang didapatkan saat membeli gerinda. Pastikan gunakan kacamata dan perlengkapan pengaman lainnya saat menggunakan gerinda.

1. Pertama-tama pasang pelindung untuk mengarahkan percikan api saat memotong besi. Masukan pelindung dan kencangkan dengan kunci L yang didapat saat membeli gerinda.

 

2. Selanjutnya pasang spacer gerinda, spacer ini berfungsi sebagai dudukan mata gerinda, terutama mata gerinda jenis cutting wheel/grinding wheel.

 

3. Selanjutnya letakan mata gerinda dan mur pengunci

 

4. Agar mata gerinda tidak berputar saat dikencangkan, kita perlu menekan pengunci pada bagian belakang gerinda. Tekan tombol dan tahan, lalu kencangkan mur pengunci menggunakan kunci khusus yang didapatkan saat membeli.

 


 

Cara Menggunakan Gerinda Tangan

Sebelum memasang steker pada stop kontak, pastikan swithch gerinda pada posisi off.
Dorong switch/saklar untuk menyalakan mesin dan tekan untuk mengunci switch/saklar. Dengan ini kita tidak perlu terus menekan switch untuk menyalakan mesin.


Pada bagian belakang mesin gerinda tangan terdapat switch untuk mengatur kecepatan putaran mesin gerinda tangan. Terkadang kita perlu merubah kecepatan menjadi pelan untuk mengamplas/memoles menggunakan mesin gerinda tangan.

Setelah selesai menggunakannya jangan lupa untuk mencabut steker dari stop kontak dan bersihkan gerinda dari serbuk-serbuk hasil potongan menggunakan kuas.

 


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami