Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Cara memilih tang potong kabel

Cara memilih tang potong kabel

16 Apr 2019
perkakas-dan-otomotif

Terdapat berbagai macam tipe tang pemotong kabel. Agar penggunaannya lebih efisien, pilihlah yang sesuai dengan ketebalan kabel yang akan dipotong. Berbeda tipe tang pemotong kabel, berbeda juga kelebihan dan kekurangannya. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Cable cutting plier : Tang potong kabel yang harganya terjangkau dan umum digunakan

Tang potong Kabel

Pada umumnya, tipe tang yang paling sering Anda temui adalah cutting plier. Alat pemotong ini merupakan tang yang memiliki bentuk pegangan seperti tang dan pisau pemotong di bagian atasnya. Sekilas memang seluruh tang pemotong kabel terlihat sama semua. Namun, tergantung dari produsennya, terdapat beberapa variasi tang pemotong kabel yang dijual di pasaran. Misalnya, jenis tang yang memiliki perbedaan luas penampang.
 
Kelebihan tipe tang ini adalah harganya yang cukup terjangkau dan mudah untuk digunakan. Namun, semakin tebal kabel yang akan Anda potong, semakin besar pula tenaga yang diperlukan saat Anda menggunakan tang ini. Bagi Anda yang tidak senang mengeluarkan banyak tenaga, hal tersebut mungkin akan sangat menyulitkan. Kapasitas tang ini mampu memotong kabel yang memiliki diameter hingga 15 mm atau kawat dengan tipe ketebalan IV
 
2. Tipe tang ratchet : lebih ringan untuk memotong kabel yang tebal.
 
Tang potong Kabel
 
Sebaliknya, dengan tang tipe ratchet ini Anda dapat memotong kabel yang tebal tanpa memerlukan banyak tenaga. Mekanisme kerja tang ratchet ini disebut juga dengan teknik roda putar. Yang dimaksud dengan roda putar adalah terdapat roda bergerigi di bagian tengah yang dapat berputar satu arah ketika Anda menggerakkan tuasnya.
 
Karena tang tipe ini dapat memotong kabel yang memiliki ketebalan hingga 30 mm, biasanya tang tipe ini banyak dipakai oleh para profesional.
 
3. Pemotong kabel elektrik : Dijual dengan harga yang mahal, tetapi dapat mempercepat pekerjaan Anda
Tang Potong Kabel
 
Di antara ketiga tipe jenis pemotong kabel, tang tipe elektrik merupakan tipe tang yang paling kuat. Mengapa demikian? Karena seberapa banyak pun kabel yang perlu dipotong, tang elektrik ini mampu memotongnya dengan sempurna. Meskipun tang ini merupakan tang yang memiliki kinerja paling tinggi dibandingkan tipe tang lainnya, ada beberapa jenis tang yang dijual dengan harga sangat mahal di atas sepuluh juta rupiah. Harga yang sangat mahal tersebut tentunya kurang menguntungkan.
 
Akan tetapi, jika Anda membutuhkan tang pemotong kabel untuk pekerjaan profesional, tidak ada salahnya memilih tang ini. Dengan tang yang memiliki kinerja seperti mesin ini, potongan kabel akan menjadi sangat rapi dan pekerjaan Anda akan semakin cepat selesai sebagai hasilnya. Mungkin berbeda model akan berbeda juga kapasitas pemotongan kabelnya, tetapi tang tipe elektrik ini ada juga yang dapat memotong kabel hingga 300 mm.
 

4. Periksalah kapasitas pemotongan kabel oleh tang tersebut

Tang Potong Kabel

Meski tang pemotong tampaknya berjenis sama, bisa saja terdapat perbedaan dari kapasitas kabel yang dapat dipotong. Hal itu dikarenakan adanya perbedaan ukuran dan bentuk mata pisau pada masing-masing tang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui seberapa besar kapasitas tang Anda dapat memotong kabel agar tidak sampai salah membeli.

 
Berbeda produk, biasanya berbeda pula indikasi penulisannya. Akan tetapi, biasanya indikasi yang umum digunakan adalah “garis IV 10 Ø mm”. Artinya, kapasitas kabel yang dapat dipotong adalah 10 mm dan kawat tipe IV. Perlu Anda perhatikan, tanda “Ø mm” bukanlah satuan milimeter seperti yang umum kita kenal, melainkan kode dari luas penampang tang yang melintang.
 
Pada dasarnya, semakin besar ukuran tang maka semakin tinggi pula kinerja pemotongan yang dapat dilakukan. Jadi, jika Anda ingin memotong kabel dengan lebih mudah, pilihlah tang yang memiliki ukuran yang besar.
 
5. Tang dengan isolator, dapat mencegah terjadinya kecelakaan
 
Kabel
 
Isolator merupakan lapisan pada tang yang berfungsi untuk memutus arus listrik sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan akibat tersetrum. Sebelum memotong kabel, hal pertama yang harus diperhatikan adalah ada tidaknya arus listrik yang mengalir pada kabel tersebut. Potonglah kabel sesuai dengan seratnya agar terhindar dari risiko tersengat listrik yang sangat berbahaya.
 
Tidak semua tang memiliki fitur isolator. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila Anda membeli tang yang sekaligus dilengkapi dengan isolator. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih aman saat bekerja dengan adanya fitur isolator pada tang tersebut.
 
(Sumber : mybestid)

Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami