Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Cara Membuka Baut Slek atau Dol dengan Benar

Cara Membuka Baut Slek atau Dol dengan Benar

21 May 2021
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart – Dengan berbagai macam kemajuan teknologi, kita dapat membuat berbagai terobosan baru untuk memudahkan dalam beraktifitas. Ada beragam inovasi yang dihadirkan, seperti sepeda motor, mobil, handphone, televise dan lain sebagainya. Semua benda – benda itu melekat erat dengan kehidupan kita.

Terkadang tidak semua barang berfungsi dengan baik. Ada saatnya barang – barang tersebut mengalami masalah. Baik karena usia pakai atau kesalahan dalam penggunaannya.

Contohnya, sepeda motor yang sering digunakan sehari hari bisa saja mogok dan tidak diketahui penyebabnya apa. Kemudian televisi yang sering kita gunakan bisa saja mati karena ada komponen yang bermasalah. Jika terjadi kendala seperti itu, maka perlu dilakukan perbaikan. Biasanya untuk memperbaiki suatu barang kita perlu melepas bagian bagian terkecil seperti baut atau mur.

Baca juga: Sejarah Penemu Mur dan Baut

Salah satu masalah yang sering terjadi ketika membuka baut atau mur adalah dol atau slek. Sudah berkarat atau susah untuk dibuka. Permasalahan seperti ini dikarenakan oleh berbagai macam. Salah satunya adalah kualitas dari baut itu sendiri yang kurang bagus. Atau juga bisa dikarenakan proses pemasangannya yang kurang pas.

4 Cara Membuka Baut Slek atau Dol

Beberapa baut memiliki bentuk yang berbeda disetiap kepalanya, ada yang berbentu bunga, plus, L dan Bintang. Bentuk kepala yang berbeda ini membantu baut menjadi lebih mudah dikencangkan pada saat digunakan. Untuk membuka baut nya juga lebih mudah dengan bentuk kepala yang berbeda beda ini. Namun, pada saat membuka baut tidak dengan hati hati akan menyebabkan baut menjadi slek atau dol. Ini bisa terjadi karena bagian dalam atau luar baut yang sudah berkarat atau terlalu kencang pada saat pemasangannya. Sehingga, kepala baut menjadi slek dan susah dibuka.

Baca Juga: Perbedaan baut dan skrup yang tidak banyak orang tahu

Tapi, tenang disini akan kita bahas Bagaimana cara membuka baut slek atau dol dengan mudah dan benar. Sehingga, nanti saat baut sudah mulai terbuka akan lebih mudah dibuka dan menghindari terjadinya baut menjadi slek. Mengutip dari klopmart bahwa ada 4 cara membuka baut slek atau dol, diantaranya :

1. Gunakan Obeng Ketok

Umumnya, bentuk baut yang sudah slek dibagian kepala baut akan menjadi rusak. Namun, ini bisa diatasi dengan bantuan obeng ketok yang akan membantu membuka baut slek menjadi mudah dibuka. Cara menggunakan obeng ketok

  • Pertama, Pilih mata obeng sesuai dengan bentuk baut
  • Kedua, pasangkan mata obeng dengan bantuan palu untuk memasukan mata obeng ke baut yang sudah slek ( ketokan palu pelan saja untuk membantunya masuk kedalam)
  • Ketiga, Jika sudah terpasang semua lalu pasang kembali mata obeng dengan badan obengnya untuk diketok sambil diputar kekiri sebelum mulai dibuka.

Cara ini sangat umum digunakan oleh mekanik untuk membantu membuka baut, mur yang slek dan dol akibat salah pada saat membukanya.

2. Gergaji Kepala Baut

Cara membuka baut slek yang kedua adalah dengan cara gergaji bagian kepala baut yang slek dengan bantuan gergaji besi. Gergaji besi dapat dibeli di toko matrial terdekat dirumah kamu. Memotong kepala baut dengan gergaji bisa menjadi alternatif untuk membuka baut yang sudah slek atau dol ini. Cara ini dilakukan jika kepala baut yang sudah rusak dan tidak bisa diatasi dengan bantuan obeng ketok.  

3. Gunakan Bor untuk membuat drat baru

Setelah memotong kepala baut yang slek dengan gergaji, gunakan bor untuk membuat drat baru ketika kepala baut yang slek sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Sebelum melakukan cara ini dipastikan jika kamu memiliki mesin bor, jika belum punya kamu bisa dapatkan disini. Bor kepala baut yang slek ini menjadi pilihan lain untuk membuat baut slek bisa denga mudah dibuka.

4. Gunakan Pemecah Baut/Mur

Pemecah baut atau mur yang dimaksut adalah dengan bantuan obeng ketok berbentuk min atau benda yang ujungnya memiliki bentuk tajam. Ini berfungsi untuk merusak bagian mur atau baut yang slek sehingga dapat dibuka dengan mudah dan cepat. Cara ini banyak digunakan oleh mekanik bengkel dalam mengatasi baut atau mur yang slek.

Cara Mencegah Baut Dol atau Slek pada Motor

Salah satu kendala para mekanik dalam sebuah perbaikan komponen motor adalah sering menemukan kondisi baut dol ataupun slek sangat susah sekali di buka. Kondisi tersebut di kerenakan kondisi baut kemungkinan salah pemasangan, sehingga seolah- olah baut tersebut menjadi paten atau terkunci permanen.

Mengutip dari Spbukita.com, Baut motor slek atau dol adalah kondisi penempatan drat baud serta lubang drat yang tidak pas, namun cenderung di paksakan untuk bisa masuk. Kondisi tersebut berakibat baut tidak terpasang sempurna, hal tersebut mungkin sangat sepele, namun kita akan sedikit repot untuk membukanya.

1. Menggunakan Cat Kuku pada Mur

Cara mencegah baut dol serta slek pertama adalah dengan cara menggunakan metode pengecatan. Anda bisa menggunakan cat kuku, caranya adalah oleskan pada ulir baut dan juga drat bautnya dan biarkan sampai meresap.

2. Menggunakan Minyak Rem

Cara mencegah berikutnya adalah menggunakan minyak rem, karakteristik minyak rem memang mampu sebagai pelicin antara ulir baut serta juga drat bautnya sendiri. Cara menggunakannya sama oleskan pada bagian ulir baut dan dratnya, biarkan sampai meresap, selain itu minyak rem juga mencegah baut berkarat dan tidak mudah aus.

3. Menggunakan Cairan Oli

Cara mencegah baut dol dan slek pada motor berikutnya adalah menggunakan gemuk atau oli, cara metode ini sama persis seperti menggunakan cat kuku dan juga minyak rem. Oleskan oli atau gemuk pada bagian ulir baut dan bautnya secara merata.

4. Hindari Pemasangan Baut Terlalu Kencang

Berikutnya ini cara mencegah sederhana, caranya hindari pemasangan baut terlalu kencang, hal ini di karenakan pemasangan baut terlalu kencang akan merusak ulir baut. Sehingga akan susah jika saat akan di pasang ataupun juga akan di lepaskan.

5. Mengganjal Baut Dengan Seng/plat besi Tipis

Cara mencegah berikut ini bisa di lakukan jika keadaan darurat, adapun seng yang dapat di gunakan adalah seng dengan struktur tipis, misalnya bekas kaleng minuman. Namun di anjurkan dalam keadaan darurat saja karena kekuatan penguncinya tidak akan sempurna.

6. Menggunakan Cor Alumunium

Cara ini cukup efektif untuk mencegah baut dol ataupun slek, cor terlebih dahulu lubang drat menggunakan alumunium cair. Kemudian lubangi dengan bor dengan ukuran lebih kecil kemudian masukan kembali baut ke lubang drat.

Penyebab Baut atau bur menjadi Slek atau Dol

Ada beberapa bagian yang bisa langsung lepas dan ada juga bagian yang tidak bisa dilepas. Biasanya terdapat baut yang menguncinya sehingga kita perlu melepasnya terlebih dahulu supaya bisa membuka.

Kepala Baut Dol atau Slek

Baut adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk mengunci suatu benda supaya tidak mudah lepas. Bentuk komponen yang satu ini beragam, begitu juga dengan jenisnya. Sehingga kita membutuhkan obeng atau alat yang sesuai supaya bisa melepasnya. Akan tetapi kondisi ini tidak selamanya baik.

Fixers mungkin pernah menemui kondisi baut dol atau slek. Hal ini bisa disebabkan oleh beragam penyebab. Baik dari kualitas baut itu sendiri, usia yang sudah tua sehingga baut mengalami korosi atau cara melepas yang tidak sesuai aturan.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa Fixers gunakan jika mengalami kendala pada baut yang slek atau dol. Simak tips dibawah ini.

  • Pakailah kunci ring atau kunci sock yang mempunyai penampang segi enam ( 6PT ). Usahakan jangan menggunakan kunci yang mempunyai gerigi.
  • Apabila memungkinkan, sambunglah kunci tersebut dengan obeng agar ukurannya menjadi lebih panjang sehingga mudah digunakan.
  • Pasanglah kunci pada baut yang sudah gundul tersebut. Pukul beberapa kali memakai martil agar lubang kunci bisa melesat masuk dan mencengkeram baut.
  • Jika sudah berhasil memutar posisi baut sedikit saja artinya trik diatas berhasil dilakukan.

Mur Sudah Berkarat

Berikut ini cara membuka mur yang sudah karatan :

  • Apabila kondisi mur yang sudah karatan ini kotor karena tertutupi oleh partikel – partikel debu, anda bisa menyikat permukaannya terlebih dahulu.
  • Semprotkan cairan pelumas Rexco baut atau oleskan minyak rem ke bagian kepala mur tersebut.
  • Biarkan selama beberapa saat agar cairan pelumas masuk kebagian badan mur. Bisa menunggu sekitar 10 – 15 menit.
  • Sekarang coba membukanya menggunakan kunci yang sesuai. Lakukan gerakan bolak – balik dengan sedikit tenaga atau hentakan.

Mur Terlalu Keras untuk di Buka

Masalah mur yang terlalu keras sehingga sulit dilepaskan bisa diatasi dengan trik berikut ini :

  • Siapkan obeng ketok yang kokoh, jika belum memiliki atau ingin memiliki cek disini. Kalian juga bisa menggunakan obeng plus atau min sesuai dengan kepala mur tersebut sebagai alternativ.
  • Posisi obeng tersebut menancap dikepala mur. Lalu pukul obeng ini menggunakan palu agar posisi mur lebih menancap ke dalam.
  • Selanjutnya Fixers bisa membuka mur tadi lebih mudah. Silahkan putarlah mur tersebut dengan arah jarum jam dengan sedikit hentakan.

Itulah beberapa penjelasan dan cara membuka baut slek atau mur dol. Semoga tips diatas dapat membantu kalian. Jika kalian ingin lebih mudah dalam membuka bautnya belanja di Fixcomart aja. Banyak perkakas tangan, mesin yang dijual dengan harga murah dan berkualitas.

  

 


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami