Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Cara Membersihkan CVT Motor Matic Sendiri

Cara Membersihkan CVT Motor Matic Sendiri

07 Dec 2021
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart – Kali ini Fixco mau kasih tips dan trick bagaimana sih caranya membersihkan CVT motor matic sendiri dirumah. Nah, dengan Fixco tulis ini tujuannya agar kamu bisa membuka CVT motor matic sendiri dari rumah dan tidak perlu lagi kebengkel atau takut karena biaya nya yang cukup menguras kantong.

Sebelumnya udah pada tau belum sih CVT pada motor matic ini fungsinya untuk apa? Coba Fixco jelasin sedikit yaa..

Jadi, CVT motor matic ini bertugas untuk membuat putaran / gerak roda belakang kendaraan motor matic Fixco nih. CVT pada motor matic sendiri sangat “ringkih” jika jarang sekali dibersihkan atau pemakaian jorok. Motor menjadi kurang pas dan nyaman ketika dikemudikan. Nah, kalo udah begini siap – siap deh isi dompet kamu bisa jebol, karena sparepart kendaraan ini yang cukup mahal.

Kalo kalian sudah membaca tulisan cara membersihkan CVT motor matic sampai sini, berarti kamu sudah paham bagaimana bahaya nya jika CVT motor kamu tidak dirawat. Berikut Fixco kasih tau cara membersihkan CVT kendaraan matic kamu dirumah.

Baca Juga: Cara setting Karbu Motor Agar Langsam dan Irit

Persiapkan Cara Membersihkan CVT Motor Matic

Sebelum memulai untuk membersihkan CVT motor matic. Berikut alat alat yang harus kamu siapkan untuk membuka CVT motor kamu.

1. Kunci Tahanan CVT (AU-UH1040)

Kunci pertama yang harus kamu siapkan adalah kunci tahanan CVT. Kunci ini berfungsi untuk menahan mangkok kampas ganda motor matic kamu. Kunci ini biasanya dipadukan dengan Bor air impact atau kunci blok mesin. Selain itu juga kunci ini sangat penting karena jika tidak ada kunci ini, mangkok kampas ganda sulit untuk membukanya

2. Air Impact Wrench

Alat yang kedua adalah air impact wrench. Alat pembuka baut tenaga angin ini berguna untuk membuka baut pada mangkok kampas ganda. Alternatif lain dengan menggunakan kunci blok mesin. Air impact wrench sangat berguna selain tidak membuat baut menjadi slek atau dol, tekanan angin yang keluar juga sangat besar sehingga baut yang keras sekalipun sangat mudah dibuka tanpa harus menggunakan tenaga lebih.

3. Cairan pembersih Rexco / Bensin

Setelah mangkok kampas ganda dan pully telah terbuka, bersihkan dengan menggunakan cairan rexco atau pembersih lainnya seperti bensin. Penggunaan bensin untuk membersihkan CVT motor sangat mudah tetapi juga harus segera dibersihkan. Sehingga, bagian dalam CVT tidak memuai atau berkarat karena cairan bensin tersebut. Atau bisa juga menggunakan cairan rexco sebagai alternatif lain untuk membersihkan CVT motor matic.

Membersihkan CVT motor matic kalian dilakukan secara rutin ya minimal setiap 1500 – 3000 km. Karena selain untuk menjaga umur komponen komponen motor, membersihkan secara rutin CVT motor matic kamu bisa membuat tarikan motor menjadi lebih enteng dan tidak getar. Pembelian alat alat untuk membuka blok CVT ini bisa kamu dapatkan di website Fixcomart.com atau bisa menghubungi kami via Whatsapp dengan mengklik tombol dibawah ini.


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami