Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Cara Cuci Jok Mobil Berbahan Kain Fabric atau Beludru

Cara Cuci Jok Mobil Berbahan Kain Fabric atau Beludru

06 Feb 2019
perkakas-dan-otomotif

Gambar Illustrasi Jok Mobil

Kebersihan interior mobil memepengaruhi mood kita ketika berkendara, sayangnya beberapa pemilik mobil yang  jumpai ada yang sama sekali tidak memperhatikan kebersihan kabin khususnya jok mobilnya sendiri. Sehingga yang melihatnya saja kadang jijik sendiri padahal untuk membersihkan atau mencuci jok mobil caranya cukup mudah. Mencuci jok mobil disini jangan dibayangkan seperti mencuci baju dengan cara direndam air, melainkan hanya dengan cara dibersihkan dengan cairan pembersih. Jadi sebenarnya kata yang lebih tepat adalah membersihkan jok bukan cuci jok mobil.

Warna interior beberapa mobil Suzuki saat ini masih mempertahankan dominasi warna cream terang, sebut saja interior Suzuki APV, Ertiga, dan Karimun Estilo. Efeknya interior jadi lebih terlihat bersih dan elegan namun dampaknya ketika kotor sedikit saja jadi lebih jelas terlihat. Sebenarnya solusi untuk jangka panjangnya adalah lebih baik memasang cover jok mobil dari bahan kulit sintetis agar lebih mudah untuk dibersihkan. Namun jika sudah terlanjur kotor berikut ini kami jabarkan cara membersihkan jok berbahan fabric atau kain yang belum dipasang cover jok mobil atau sarung jok mobil bekas anda.

Gambar Illustrasi Interior Suzuki Ertiga

1. Sedot Debu
Untuk mulai membersihkan kain jok mobil awalai dengan menyedot debu di seluruh permukaan bagian dengan vacum cleaner terlbih dahulu, tujuannya agar sisa-sisa serbuk kotoran bisa terangkat bersih sehingga tidak terlarut ketika nantinya dibersihkan dengan cairan.

2. Bersihkan Dengan Kain
Jika masih terlihat noda setelah dilakukan penyedotan debu pada permukaan kain maka langkah selnajutnya adalah pembersihan noda dengan cairan pembersih jok. Semprotkan cairan pembersih pada noda kemudian diamkan antara 1 hingga 2 menit agar cairan tersebut bekerja. Selanjutnya gosok perlahan dengan gerakan memutar menggunakan kain lembut(bisa menggunakan kaos bekas berwarna putih) agar noda berpindah ke kain pembersih, ganti permukaan kain pembersih jika dalam langkah pertama kain sudah cukup kotor.

Illustrasi membersihkan jok mobil Menggunakan Sikat Gigi Bekas

3. Gunakan Sikat Lembut
Jika noda masih tersisa semprot sekali lagi dengan cairan pembersih jok dan bersihkan menggunakan sikat lembut, bisa memanfaatkan sikat gigi yang ujungnya lembut.  Untuk kain jok berbahan beludru seperti yang digunakan pada Suzuki Ertiga perhatikan arah sikatannya. Setelah permukaan diberi cairan, coba terlebih dahulu arah sikatan jika bulu beludru menjadi tegak berarti arahnya salah. Sebaliknya jika bulu beludru tidur maka arah sikatan pada permukaan beludru sudah benar.

4.Pengeringan
Sebagai langkah terakhir gunakan lap kering untuk menyerap cairan yang tersisa dan buka seluruh pintu untuk mengangin-anginkan kain permukaan jok yang masih lembap. Jika ingin cepat bisa memanfaatkan alat pengering rambut sebagai langkah terakhir dalam proses membersihkan atau mencuci jok mobil.

 

Sumber (Karimunestilo)


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami