Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Ungkap Sejarah Mobil di seluruh Dunia Hingga Sekarang

Ungkap Sejarah Mobil di seluruh Dunia Hingga Sekarang

23 Apr 2021
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart – Kata mobil yang didengar hingga sekarang berasal dari kata “Autos” yang berarti sendiri dan Bahasa latin “movere” yang artinya bergerak. Sejarah mobil di dunia mengalami proses yang sangat Panjang, karena kendaraan roda empat ini merupakan kendaraan yang terdiri dari berbagai komponen yang mendukung pengoperasian.

Perkembangan mobil di dunia berkembanga sangat cepat. Dari mobil yang berbahan dasar bensin hingga sekarang Sudah berkembang menjadi tenaga listrik.

Baca Juga : Mengenal 5 Jenis Vacuum Cleaner yang Sering kita Jumpai

Mobil bertenaga UAP

Sejarah mobil pertama didunia dimulai pada tahun 1769 oleh seorang ilmuwan berkebangsaan perancis yaitu Nicolas J. Cugnot menciptakan sebuah kendaraan 3 roda dengan badan yang besar dan digerakan oleh mesin UAP.

Pada saat itu Cugnot membuat mobil di dunia ini untuk keperluan mengangkut meriam dalam medan perang. Hasil ciptaannya ini belum dapat dikatakan sempurna karena masih sangat sederhana, sehingga pernah mengalami beberapa kali kecelakaan.

Ada juga beberapa ilmuwan yang menciptakan mobil didunia sejenis mesin UAP seperti Ricahard Trevitchik, Sir G. Gurnay yang pada tahun 1830 mobil di dunia ciptaannya mampu melaju dengan kecepatan 20 km/jam.

Memasuki pertengahan abad ke 19 perkembangan mobil di dunia mulai berkembang pesat, saat itu para ilmuwan mulai merancang konsep kendaraan dengan mesin berbahan bakar lainnya. Di tahun 1860 seorang insinyur Perancis yaitu Joseph E. Lenoir berhasil membuat sebuah mesin dengan bahan bakar campuran antara batu bara dan gas serta udara atmosfer.

Awal adanya Mobil Berbahan Bakar Bensin

pada tahun 1886, seorang warga Negara Jerman mempunyai pengembangan mobil di dunia dengan bahan bakar bensin. Sejarah ditemukan mobil di dunia pertama kali dengan bahan bakar bensin ini bernama Carl Benz.

Sedangkan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Sttugart juga ikut mengembangkan mobil di dunia dengan bahan bakar bensin ini pada waktu yang hampir bersamaan. Pada tahun 1879, Carl Benz menyelesaikan penemuannya tersebut dan menjadi sejarah ditemukan mobil di dunia pertama kali yang dipatenkannya

Dalam jangka waktu beberapa tahun, akhirnya beberapa model dan tipe mobil di dunia yaitu tenaga uap, listrik dan bensin ini pada tahun tersebut mengalami persaingan. Diproduksinya mobil di dunia dengan skala besar dan harga terjangkau pada jaman tersebut, tahun 1902 oleh Oldsmobil menjadi berkembang pesat. Kemudian pada tahun 1910 lebih dikembangkan lagi besar-besaran oleh Henry Ford.

mobil di dunia tertua bukan berbahan bakar bensin, melainkan tenaga uap. Mobil bertenaga bensin tertua tidak dibangun sampai 1885, saat Karl Benz memproduksi Benz Patent-Motorwagen. Akhirnya mesin diesel dan bensin terbukti lebih mudah untuk diproduksi massal.

Cugnot Fardier

Cugnot Fardier adalah kendaraan 'self-propelled' pertama untuk mengangkut manusia. Mobil pertama di dunia ini merupakan hasil inovasi dari insinyur di Angkatan Darat Prancis yakni Nicolas-Joseph Cugnot. Soal Cugnot Fardier sebagai 'self-propelled' pertama di dunia masih diperdebatkan.

pada 1672 Ferdinand Verbiest sudah lebih dulu memperkenalkan desain mobil bertenaga uap, tapi karena dimensinya terlalu kecil dan tidak memiliki ruang yang cukup untuk pengendara dan mustahil untuk dibangun. Tenaga uap telah digunakan sejak awal 1.700 untuk mesin-mesin pompa air dari tambang atau mengangkat alat berat.

Saat itu, belum diketahui bagaimana cara untuk mengkonversikan gerak maju bolak-balik ke gerakan putar untuk memutar roda. Cugnot berhasil memecahkan masalah ini dan pada 1769 membangun kendaraan prototipe ukuran penuh berdasarkan model yang dia buat pada enam tahun sebelumnya.

Hancock Omnibus

Hancock Omnibus dibangun oleh penemu asal Inggris yakni Walter Hancock dan dapat dianggap sebagai kendaraan bertenaga uap pertama yang sukses secara komersial di dunia. Bisa dikatakan, Cugnot Fardier adalah penemu tersukses di dunia militer, dan Hancock Omnibus adalah penemu kendaraan penumpang tersukses di dunia.

Dia sukses mengangkut penumpang antara London dan Paddington. Sembilan buah gerbong yang dia bangun dapat mengangkut sekitar 4.000 penumpang antara 1832 dan 1834

La Marquise

La Marquise adalah salah satu mobil tertua di dunia. Dibangun pada 1884 oleh tiga orang berkewarganegaraan Prancis yaitu De Dion, Bouton dan pardoux. Mobil itu adalah prototipe quadricycle yang dinamai La Marquise (nama ibu dari De Dion).

Pada 1887, Count of Dion mengendarai La Marquise dalam sebuah pameran dan sekaligus menyebutkan bahwa mobil tersebut adalah mobil balap pertama di dunia, meskipun pada saat itu tidak ada mobil lainnya yang ikut dipamerkan.

Grenvile Steam Carriage

Pada 1875, Robert Neville Grenville dari Butleigh, Glastonbury, Somerset, Inggris mulai merancang kereta uapnya. Di era itu mayoritas mobil dibuat secara 'handmade' alias dibuat dengan tangan dan biaya operasionalnya pun terbilang mahal.

Kereta Grenvile lebih mirip lokomotif daripada sebuah mobil, tapi kapasitas penumpangnya terbatas, hanya muat tujuh orang penumpang. Selain itu, salah satu penumpang memiliki tugas untuk 'memberi makan' mesin uap guna mempertahankan kecepatan

Benz Patent-Motorwagen lansiran 1886

Dalam sejarah mobil, Benz Patent Motorwagen diakui sebagai mobil bertenaga bensin pertama di dunia. Sejatinya dibangun pada 1885, tidak dipatenkan hingga 1886.

Mobil ini didukung oleh mesin sentrifugal berkapasitas 954 cc, silinder tunggal, yang dapat memuntahkan tenaga sebesar dua pertiga tenaga kuda. Pada awalnya, pasokan bahan bakar ke mesin melalui penguapan.

Namun, Benz kemudian menambahkan karburator pada model selanjutnya. Dia kemudian melangkah lebih jauh lagi dengan menambahkan sepatu rem kulit pada 1887.

Source : garasi.id


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami