Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Tips Cara Mudah Membersihkan Busi Motor Sendiri

Tips Cara Mudah Membersihkan Busi Motor Sendiri

28 May 2021
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart - Sebenarnya merawat busi bukanlah hal yang berat. Fixers pun bisa melakukannya di rumah, dengan hanya modal kunci busi dan perlengkapan tambahan. Waktu untuk melakukannya pun tergolong singkat, hanya beberapa menit saja, bahkan kadang kurang dari 5 menit saja.

Busi yang sering dibersihkan juga dapat mengembalikan performa motor yang kurang. Sebenarnya gimana sih cara membersihkan busi motor sendiri dirumah? Simak penjelasannya dibawah ini.

Kapan Busi Motor harus Dibersihkan?

Motor yang sering digunakan untuk kendaraan sehari hari ada kemungkinan mengalami kotor atau kehitaman yang dipenuhi dengan arang – arang sisa pembakaran di bagian kepalanya. Pasalnya saat kepala busi sudah menghitam, elektroda busi akan sulit mengalirkan listrik hingga membuat kendaraan yang kalian gunakan sulit dihidupkan.

Nah, jika Fixers bingung kapan waktu terbaik mengganti busi, menurut mayoritas mekanik bengkel penggantian busi dilakukan minimal setiap 4000 – 5000 km tergantung dari fungsi busi yang masih layak digunakan atau tidak.

Menurutnya, jarak umumnya busi kendaraan sudah dipenuhi dengan karbon sisa pembakaran. Gejalanya adalah kendaraan akan sedikit sulit untuk dihidupkan pada mesin dingin atau dipagi hari, karena proses pengapiannya yang terganggu. Nafas kendaraan terdengar pendek, laju kendaraan tersendat – sendat dah bahkan mogok.

Untuk membersihkan busi yang sudah kotor, anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini :

  • Memastikan mesin kendaraan Fixers dalam kondisi dingin, jika masih panas, sebaiknya tunggu hingga mesin dingin. Karena jika dipaksa dibuka ketika mesin panas, akan membuat drat busi yang terdapat dimesin bisa rusak.
  • Buka busi dengan menggunakan kunci busi, kemudian siram bagian kepala busi dengan bensin.
  • Setelah itu bersihkan kerak atau sisa karbon pembakaran dengan sikat kawat. Lakukan hingga bersih, dan siram kembali busi untuk menghilangkan sisa – sisa kerak tersebut.
  • Terakhir, semprot busi dengan kompresor, dan keringkan. Cek apakah masih mengeluarkan api atau tidak. Jika api nya masih bagus, Fixers dapat menggunakannya kembali.

Sebagai catatan, sebaiknya jangan merendam busi didalam bensin. Pasalnya cara merendam busi dengan besin dapat mengikis elektroda pada busi dan membuatnya cepat rusak. Atau bersihkan busi menggunakan cairan dari Rexco yang dijual di website Fixcomart.

Selain itu, hindari juga membersihkan busi dengan meng-amplas bagian kotornya, atau memajukan dan memundurkan kepala busi untuk mendapatkan api yang lebih besar. Cara ini justru dapat membuat umur busi menjadi lebih singkat.


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami