Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Sejarah transportasi di Indonesia pertama kali

Sejarah transportasi di Indonesia pertama kali

26 Apr 2021
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart – Alat transportasi merupakan salah satu penunjang dalam kehidupan sehari – hari. Terutama diwilayah ibu kota Jakarta. Dimana alat trasnportasi dapat mempermudah untuk menuju ke suatu tempat yang dituju dengan cepat dibandingkan dengan jalan kaki.

Dalam perkembangannya, transportasi dari diIndonesia bergerak sangat cepat hingga saat ini. Bahkan terus berevolusi.

Baca Juga : Ungkap Sejarah Mobil di seluruh Dunia Hingga Sekarang

Transportasi pada awal nya dibantu dengan pemanfaatan hewan untuk perjalanan di darat dan penggunaan rakit untuk perjalanan yang melintasi sungai. Hal ini ditandai dengan penemuan roda pada tahun 3500 an sebelum masehi.

Perkembangan transportasi terus mengalami perubahan. Dimana sekira tahun 1492, Leonardo Da Vinci membuat lebih dari 100 gambar rancangan pesawat terbang.

Mobil Benz Victoria Phaeton

Mobil pertama kali di Indonesia yaitu milik Sultan Solo, Pakoe Boewono X. Pada 1894 dia membeli kendaraan bernama Benz Victoria Phaeton yang diimpor melalui pelabuhan semarang.

Pakoe Boewono X memesan mobil melalui perusahaan Prottle & Co yang bermarkas di pasar besar, Surabaya, Jawa Timur. Mobil yang datang dari Eropa itu dibeli dengan nilai 10 Ribu Gulden.

Victoria Phaeton merupakan kendaraan versi modern yang ada sejak pertama kalinya setelah Carl Benz menciptakan cikal bakal mobil bernama Benz Patent-Motorwagen pada 1886 dengan tiga roda kayu.

Victoria Phaeton memiliki empat roda karet. Mesin Victoria Phaeton yang berada di belakang berkapasitas 2.000 cc satu silinder yang menghasilkan 5 Hp.

Setelah membeli Victoria Phaeton, 13 tahun kemudian atau tepatnya pada 1907 Pakoe Boewono X juga membeli mobil buatan Daimler bernama Britze Daimler yang menggendong mesin empat silinder bertenaga 45 hp.

Motor Reitwagen

Sepeda motor itu tiba pada tahun 1893, satu tahun sebelum mobil pertama milik Sunan Solo (merk Benz tipe Carl Benz) tiba di Indonesia. Hal itu menjadikan J.C. Potter sebagai orang pertama di Indonesia yang menggunakan kendaraan bermotor. Selain itu, ada hal yang menarik apabila kita mengamati tahun kedatangan sepeda motor tersebut. Sedang sepeda motor pertama di dunia (Reitwagen) lahir di Jerman pada 1885 oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach tetapi belum dijual untuk umum. Tahun 1893, sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman.

Sepeda motor lain terlihat pada tahun 1902 yang juga digunakan untuk menarik wagon yaitu sepeda motor Minerva buatan Belgia. Mesin Minerva saat itu juga dipesan dan digunakan pada merk motor lain sebelum bisa membuat mesin sendiri, diantaranya adalah Ariel Motorcycles di Inggris.


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami