Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Sejarah Penemuan Mesin Kompresor Angin

Sejarah Penemuan Mesin Kompresor Angin

05 Apr 2021
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart – Mesin Kompressor (pemampat) adalah alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan fluida. Tujuan meningkatkan tekanan agar dapat diaplikasikan kepada sistem. Secara garis besar disimpulkan bahwa udara bertekanan menjadi sumber penggerak pada mesin – mesin yang ada di industri.

Kompresor pertama kali ditemukan oleh Otto Von Guiricke dari Jerman kelahiran Magdeburg, 20 November 1602. Mesin kompresor ditemukan pada saat menginjak umur 48 Tahun.

Pompa udara bertekanan tinggi sekarang lebih dikenal dengan sebutan mesin Kompresor, untuk aplikasi bertekanan rendah seperti Ventilasi, pemanas dan pendingin ruangan tersebut dengan fan tau penghembus ( Blower ).

4 Rekomendasi Jenis Kompresor Cat Mobil Motor

Pada tahun 1654 Otto Von Guirickie menciptakan pompa vakum yang terdiri dari piston dan silinder piston udara dua arah yang dirancang untuk menarik udara keluar dari kapal. Pompa ini dijelaskan dalam Bab II dan III dari buku Experimenta Nova dan di mechanica Hydraulico-pneumatica (p. 445-6).

Pada Tahun 1659, Robert Boyle memerintahkan pembuatan sebuah pompa udara, yang sekarang dikenal sebagai mesin pneumatic atau pompa hampa udara. Pompa tersebut ditemukan oleh Otto Von Guericke pada tahun 1650. Modal yang tidak cukup untuk pembuatan mesin ini menjadi halangan para ilmuwan untuk membuat alat tersebut. Boyle, anak dari Earl of Cork, tidak terlalu mempermalasahkannya setelah pembuatan selesai. Earl of Cork menyumbangkan model buatan tahun 1659 kepada Royal Society kemudian 2 buah mesin yang dirancang ulang dibuat untuk keperluan pribadinya.

Mesin yang di buat oleh para ilmuwan itu cukup rumit untuk digunakan dan sulit untuk di operasikan. Banyak demonstrasi hanya bisa dilakukan sendiri oleh Hooke.

Perkembangan Kompresor awal Ditemukan

Kompresor terbagi menjadi dua, yaitu Perpindahan Positif (Positive Diplacement) dan Dinamis (Dynamic). Untuk Perpindahan Positif sendiri secara umum kompresor dibagi menjadi dua, yaitu kompresor Piston (Reciprocating) dan kompresor putar (Rotary). Sedangkan untuk Dinamis ada kompresor Axial dan kompresors Sentrifugal (Centrifugal).

Pembagian kompresor dapat dijelaskan pada gambar dibawah ini,

Sekarang perkembangan kompresor sudah sangat maju sesuai dengan kebutuhan industri. Terobosan paling baru adalah teknologi Oil-Free yang menjadikan kompresor tidak membutuhkan oli pada proses kerjanya sehingga udara bertekanan hasil kompresi yang dikeluarkan kompresor tidak lagi mengandung minyak (oli) dan aman untuk industri yang bergerak di bidang makanan, minuman, obat-obatan, elektronik, tekstil, dan lain sebagainya.

Sekarang kalian juga sudah bisa melihat dan miliki produk - produk penemuan yang sudah berubah menjadi modern hanya di Fixcomart, Cek disini ya untuk katalog Kompressor yang sesuai dengan kantong Fixers!


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami