Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Sejarah Ditemukan Mesin Diesel dimulai pada Abad ke-19, Oleh...

Sejarah Ditemukan Mesin Diesel dimulai pada Abad ke-19, Oleh...

09 Apr 2021
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart – Penggunaan mesin diesel sudah dikembangkan pada sejak abad ke – 19. Sebelum adanya mesin diesel pada kendaraan, awalnya terlebih dahulu mengembangkan teknologi mesin pembakaran internal yang diprakasai oleh Nikolaus Otto asal Germany pada tahun 1876.

Kemudian beberapa insinyur pada masa itu juga mengembangkan teknologi sistem pembakaran agar lebih sempurna, salah satunya Karl Benz yang mendapatkan hak paten untuk kendaraan yang di gerakan oleh sebuah mesin bensin di tahun 1886. Hal inilaih yang menjadikan awal mula dimana mesin mulai dikembangkan, salah satunya adalah mesin berbahan bakar diesel.

Mesin diesel mulai dikembangkan pada tahun 1892 oleh seorang insinyur dari Germany yaitu Rudolf Diesel. Ia memiliki hak paten adalah “Proses dan aplikasi penggerak pembakaran internal”, prinsip dasarnya adalah ketika diperoleh tekanan ekstrim maka suhu dalam ruang pembakaran internal akan meningkat dan ini dapat digunakan untuk menyulut bahan bakar.

Rudolf Diesel yakin bahwa ia dapat membuat mesin yang jauh lebih efisien dalam hal panas dibandingkan mesin penggerak berbasis pembakaran intern lainnya seperti bensin. Kemudian pada tahun 1897 di Universitas Munich, Rudolf berhasil membuat sebuah mesin diesel pertamanya yang bekerja sangat baik.

Kemudian dia memamerkan penemuannya itu ke ajang Paris Expo di tahun 1900. Saat itu Rudolf Diesel berhasil mengembangkan mesin dimana dia menggunakan bahan bakar dari minyak kelapa sebagai penggerak mesin diesel, ini yang menjadikan sebagai mesin bio diesel pertama didunia.

Dari penemuannya itu hingga saat ini mesin diesel masih digunakan oleh beberapa pabrikan mobil kendaraan besar seperti bus dan truk sampai kendaraan pribadi yang sampai sekarang masih dirasakan manfaatnya. Karena mesin diesel menghasilkan torsi yang lebih tinggi dan pembakaran yang lebih bersih sehingga menghasilkan tenaga lebih besar.

Akan tetapi pengguanan mesin diesel bukan berarti tidak memiliki dampak yang buruk ya, salah satunya adalah pencemaran terhadap udara yang sangat besar, karena asap yang dikeluarkan mesin diesel ini dapat mengeluarkan lebih banyak unsur PM dan NOX.

Dengan kemajuan teknologi pada mesin kendaraan saat ini banyak produsen otomotif mulai menciptakan mesin yang ramah lingkungan, salah satunya dengan menciptakan kendaraan bertenaga listrik.

Penerapan standar emisi di berbagai negara juga menjadikan alasan produsen otomotif mulai mengusung kendaraan listrik. Dengan mengikuti perkembangan di dunia otomotif, sekarang kita mulai melihat perkembangan teknologi yang diusung oleh pabrikan TESLA, akan tetapi sebenarnya mesin kendaraan listrik sudah diciptakan dan di kembangkan hingga sekarang.

Hal ini yang membuat perusahaan mulai meninggalkan penggunaan mesin diesel dan berbahan bakar bensin.

Nah semoga dengan tulisan diatas ini dapat membantu kalian dalam mengenal lebih dalam siapa sebenarnya penemu mesin diesel ini. Buat kalian yang ingin mempunyai salah satu mesin berbahan diesel ini bisa klik disini. Belanja dengan aman sekarang bersama Fixcomart dan dijamin uang kembali jika barang yang dipesan tidak dikirim atau tidak sesuai dengan pesanan yah.

 

*S&K berlaku


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami