Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Cara Menggunakan Kompresor Angin

Cara Menggunakan Kompresor Angin

25 Oct 2021
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart – Mesin kompresor angin sering digunakan untuk kebutuhan bengkel cat mobil, bengkel otomotif dan masih banyak lagi. Mesin kompresor angin satu tahap dapat menyediakan sumber angina yang dapat diandalkan untuk lokasi lokasi pekerjaan yang jauh dari sumber listrik.

Penggunaan alat pneumatik atau yang berisi tekanan udara semakin tumbuh, baik untuk pekerjaan konstruksi maupun pekerjaan kecil di rumah. Sehingga mesin kompresor angin menjadi alat yang penting bagi para profesional.

Apa itu Kompresor?

Kompresor adalah suatu alat atau mesin yang menempatkan atau meningkatkan tekanan udara atau fluida gas. Agar kompresor bisa bekerja, biasanya alat ini menggunakan mesin bensin atau mesin diesel sebagai tenaga penggeraknya. Mesin kompresor dapat dengan mudah dibawa-bawa dan digunakan di lapangan yang tidak ada akses listrik. Berikut akan dijelaskan prosedur cara menyalakan, mengoperasikan dan mematikan mesin kompresor angin.

Apa Fungsi Kompresor?

Sesuai penjelasan diatas, Fungsi kompresor ini secara umum adalah mengambil gas atau udara dari sekitar, untuk kemudian diberi tekanan didalam tabung dan disalurkan kembali sebagai udara bertekanan. Nah, dalam penerapannya, kompresor dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan antara lain:

  • Mengisi angin pada ban kendaraan 
  • Membantu untuk alat-alat pengecatan atau air brush
  • Menyuplai udara bersih bertekanan pada sistem kontrol heating, ventilasi, dan air conditioning pneumatic
  • Membantu menghasilkan udara bertekanan dalam volume besar untuk keperluan industri

Bagaimana Mesin Kompresor Bekerja?

Mengutip dari klopmart, Prinsipnya juga tidak jauh berbeda dari pompa ban mobil atau sepeda. Saat piston kompresor ditarik ke atas, tekanan silinder di bagian bawah akan menurun hingga di bawah tekanan atmosfer. Alhasil, udara luar pun bisa masuk melalui celah katup hisap. Dari sini, udara masuk ke pompa untuk kemudian dimampatkan oleh piston yang didorong ke bawah. Karena udara dimampatkan, maka volumenya menjadi lebih kecil dan mengalir ke tempat tempat yang tekanan udaranya lebih rendah.

Langkah-langkah Persiapan

Persiapan yang harus dilakukan sebelum mulai untuk mengoperasikan kompresor angin jauh dari gas yang mudah terbakar. dan gunakan alat keamanan seperti alas kaki atau sarung tangan untuk menyalakan mesin, untuk menghindari gesekan dinamis dari aliran listrik mesin.

  • Selalu operasikan kompresor angin dalam daerah dengan ventilasi atau saluran udara yang bebas dari gas yang mudah terbakar .Demikian juga dengan penggunaan alat berat lainnya.
  • Pastikan tingkat bahan bakar. Bila Anda perlu mengisi ulang bahan bakar, pastikan mesin dalam keadaan mati dan dingin.

Langkah-langkah Menggunakan Kompresor Angin

  • Pindahkan tuas berwarna merah (Biasanya setiap kompresor memiliki warna yang berbeda) untuk memulai pada katup pilot ke posisi terbuka.
  • Pindahkan saklar mesin ke posisi menyala. Pindahkan tuas choke ke posisi menyala.
  • Tarik recoil, setelah mesin menyala dan pindahkan tuas choke ke posisi menutup dan tuas berwarna merah untuk memulai pada katup pilot ke posisi tertutup
  • Sesuaikan tekanan ke spesifikasi PSI alat. Jangan pernah melebihi tekanan yang dianjurkan oleh pabrik pembuat alat yang membutuhkan tekanan angin tersebut.

Ketika kamu telah siap mematikan mesin kompresor angin, pindahkan saklar mesin ke posisi off atau posisi mati. Kosongkan angin dari tangki dengan menarik katup Safety Relief Valve. Ketika pengukur tekanan tangki air sudah menunjukkan angka di bawah 10 pon. Buka katup pengosongan di bawah setiap tangki untuk menghilangkan cairan yang ada. Kemudian biarkan mesin kompresor angin tersebut agar mendingin.

Harga Mesin Kompresor Angin

Untuk harga mesin kompresor angin setiap toko berbeda – beda. Tergantung brand dan besarnya HP yang ingin dibeli. Pembelian dapat dilakukan langsung melalui website resmi distributor di Fixcomart.com atau bisa melalui whatsapp (Harga Include PPN). Pelayanan yang cepat dan ketersediaan barang selalu diprioritaskan.

Harga Mesin Kompresor Listrik

Untuk harga kompresor listrik juga memiliki harga yang berbeda – beda. Tergantung dari merek atau brand yang dipilih dan HP nya. Pembelian dapat dilakukan langsung melalui website resmi distributor di Fixcomart.com atau bisa melalui whatsapp (Harga Include PPN). Pelayanan yang cepat dan ketersediaan barang selalu diprioritaskan.

   


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami