Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Cara Mencuci Motor yang Baik dan Benar

Cara Mencuci Motor yang Baik dan Benar

25 Feb 2021
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart - Kalian tau gk ada tips dan trick buat mencuci motor agar performa motor kesayangan kalian tetep pada kondisi maksimal. Hari ini mimin mau share cara membersihkan motor tanpa mengurangi performa berkendara fixers. 

Setiap pengendara tahu bahwa motor akan jadi kotor terkena debu, lumpur, dan hal-hal lainnya ketika melaju di jalanan, karena itu sangat penting untuk mencuci motor secara rutin untuk menjaga tampilan motor.

Mengetahui cara mencuci motor dengan benar akan menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang. Berikut adalah langkah-langkah mencuci motor agar kinclong dan siap mengaspal lagi di jalanan.

1. Bilas motor dalam kondisi dingin

Sebelum mulai mencuci motor, pastikan bahwa motor dalam kondisi dingin. Perubahan suhu secara mendadak bisa memicu keretakan mesin dan membahayakan motor. Disarankan mencuci motor di area yang teduh karena sinar matahari bisa menimbulkan perbedaan suhu yang bisa merusak cat bodi dan air cepat kering yang bisa mempersulit pembilasan motor.

Pertama, bilas motor dengan air sebelum menggosoknya dengan sabun. Langkah ini akan meluruhkan kotoran yang menempel pada motor agar lebih mudah dibersihkan.

2. Gosok dengan sabun dan bilas

Butuh sabun motor berkualitas? Cek di Fixcomart dulu ya!

 

Tuangkan sabun motor ke dalam ember dan campur dengan air sampai berbuih, dan gunakan busa untuk membersihkan motor. Jangan gunakan produk pembersih yang tidak spesifik untuk permukaan motor atau mobil.

Pembersih rumah tangga bisa saja terkandung deterjen atau pelarut kimia yang membahayakan metal, cat, atau plastik pada motor. Ketika mencuci motor harus selalu dimulai dari atas lalu bergerak ke bawah. Pastikan membilas motor secara rutin untuk membersihkan sisa-sisa sabun.

3. Bersihkan area-area sulit

Kanebo murah berkualitas bisa ditemukan disini

 

Ketika menggosok motor dengan busa, kadang sulit untuk menghilangkan kotoran dari area-area sulit pada motor. Gunakan kuas kecil (sikat gigi atau kuas cat) untuk membersihkan kotoran dari ruang sempit, area-area yang perlu digosok berulang kali, atau komponen mesin sensitif. Gunakan kuas kaku untuk membersihkan kotoran pada ban dan roda.

4. Bilas terakhir dan keringkan

Jual lap microfiber 

 

Dimulai dari atas, bilas motor terakhir kali dengan semprotan tekanan rendah untuk membersihkan debu-debu yang mungkin belum hilang. Setelah semua sabun bersih, gunakan kain chamois untuk mengeringkan seluruh bodi motor.

Kain tersebut akan menyerap air yang masih menempel di bodi motor. Mulai dengan bagian atas motor seperti dasbor, tangki dan jok, berlanjut ke bawah seperti roda, mesin, dan knalpot.

5. Poles Dengan wax

 

Wax yang berkualitas bisa melindungi bodi motor dan mencegah debu menempel. Poles dengan wax setelah seluruh bodi motor bersih. Ikuti instruksi cara pakai pada kemasan wax. Masing-masing produk punya sedikit perbedaan instruksi.

6. Lumasi kembali rantai

Pelumas rantai Rexco 25 solusinya!

 

Semua prosedur membersihkan bodi motor telah selesai, tapi ada satu onderdil motor yang juga harus diperhatikan, yakni rantai. Pastikan kembali melumasi rantai sebelum motor kembali digunakan melaju.

Semakin sering motor dikendarai, maka semakin sering juga kotor. Mengetahui langkah-langkah mencuci motor yang layak akan membuat motor awet untuk beberapa tahun ke depan.

Mencuci motor tidak hanya membuat tampilan motor bersih sepanjang waktu, tapi juga memberi kesempatan untuk inspeksi motor untuk menghindari risiko yang mengancam keselamatan pengendara.

 

Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami