Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Cara Menabung yang Baik dan Benar!

Cara Menabung yang Baik dan Benar!

17 Feb 2021
perkakas-dan-otomotif

Fixcomart - Dimasa pendemik yang penuh dengan cobaan ini, selain membawa dampak buruk untuk kesehatan, tapi juga keuangan. Maka dari itu, kalian harus bisa pintar pintar mengatur keuangan untuk dana cadangan di kemudian hari. Hari ini Fixcomart mau bagi tips and trick cara untuk menabung yang baik dan benar. 

 

Ada tiga pengeluaran terbesar yang bisa dikurangi yaitu biaya sewa (sewa rumah misalnya), makan di luar, dan barang-barang material yang Anda inginkan tetapi sebenarnya tidak dibutuhkan. Makan di luar bisa ditekan karena selama pandemi banyak restoran menerapkan pembatasan. Ada yang melarang makan di tempat, bahkan banyak yang tutup. Selain itu, Anda bisa tinggal di kos, kontrakan, atau apartemen dengan harga yang lebih murah. Jika Anda masih sendiri, Anda bisa mengajak orang lain untuk tinggal bersama sehingga biaya bisa dibagi. "Yang menakjubkan adalah saat ini tampaknya sangat mudah untuk menghemat uang. Itu memberi tahu kita bahwa mengurangi bukanlah tentang kemauan keras, melainkan tentang menyiapkan sistem yang tepat untuk jangka panjang," kata Sethi. Sethi juga sangat menyarankan orang untuk meningkatkan tabungan mereka dan merancang rekening tabungan darurat satu tahun. Saat ingin meningkatkan keuangan Anda, gunakan target 85 persen daripada 100 persen. Dengan target tersebut, Anda tidak akan frustasi ketika tidak berhasil menabung sejumlah uang. Hal itu lebih baik daripada tidak menabung karena target tidak tercapai. "Banyak dari kita lebih suka bermimpi tentang memiliki pengeluaran yang terorganisir dengan sempurna dan alokasi aset yang sempurna. Padahal, pada kenyataannya, jika kita mendapatkan 85% dari perjalanan ke sana, jika kita memilih tiga pengeluaran besar itu dan memotongnya, kita akan mendapatkan sebagian besar manfaat yang sama," ujar Sethi.

 

Cara menyisihkan gaji Jika Anda memiliki penghasilan bulanan atau gaji, bagaimana cara menabung yang efektif? Mengutip Huffpost, terdapat beberapa cara unik untuk menabung. Mulai dari cara sederhana hingga sedikit menantang. 

 

1. Menabung dengan toples Cara ini merupakan cara sederhana dan sudah dilakukan oleh banyak orang sejak lama. Meski begitu, ini efektif. Anda bisa menyimpan uang receh atau uang dalam jumlah kecil. 

 

2. Membuat tantangan Tantangannya bisa Anda ciptakan sendiri mulai dari tantangan harian hingga mingguan. Tantangan harian misalnya Anda menyisihkan uang Rp 10.000 setiap pulang kerja. Anda juga bisa menyisihkan setiap bulan dengan nominal berbeda. Misalnya, minggu ini menyisihkan Rp 10.000, lalu minggu kedua menyisihkan Rp 20.000, dan seterusnya sampai minggu ke-4. 

 

3. Ubah kata sandi Anda bisa membuat kata sandi akun belanja atau kartu debet dengan kombinasi angka tanggal lahir anak atau cucu Anda. Dengan begitu setiap kali Anda hendak berbelanja hal yang tidak perlu, akan teringat Anda perlu menyiapkan uang kuliah atau pendidikannya. 

 

4. Tagih diri sendiri Anda bisa menggunakan pengingat untuk menabung seperti Mint.com atau PowerWallet. Selain itu, Anda bisa menentukan jadwal kapan Anda harus menabung dan taati itu. 

5. Miliki teman menabung Ajak teman untuk bergabung dengan Anda untuk menabung dengan target tertentu. Itu juga bisa dijadikan tantangan, misalnya siapa yang menabung paling banyak bisa mendapat makan siang gratis. 

 

6. Batasi menarik uang Caranya bisa dengan membuat rekening di bank yang tidak memfasilitasi kartu debit. Dengan mempersulit diri untuk mengambil uang, Anda bisa menyimpan uang lebih banyak. Tapi cara ini tidak berhasil jika Anda masih tergoda belanja dengan mobile banking. 

 

7. Ubah kebiasaan tidak sehat Jika Anda merupakan perokok, berhentilah. Sisihkan alokasi rokok ke tabungan. Anda juga menghemat dengan berjalan kaki untuk membeli sesuatu yang dekat. Sehingga tidak perlu membuang uang bensin. Anda juga bisa berolahraga dengan itu. 

 

8. Ubah kebiasaan boros Apakah Anda gemar menghabiskan waktu bersama teman di cafe mahal? Anda bisa mengganti kebiasaan itu dengan bertemu teman di rumahnya.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sulit Menabung? Ini 8 Cara Unik dan Efektif Sisihkan Gaji", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/28/123421565/sulit-menabung-ini-8-cara-unik-dan-efektif-sisihkan-gaji?page=all.

Penulis : Nur Fitriatus Shalihah

Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

 

Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami