Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Cara Membersihkan Perkakas yang Berkarat

Cara Membersihkan Perkakas yang Berkarat

12 Aug 2020
perkakas-dan-otomotif

Siapa pun yang bekerja dengan peralatan pasti pernah mendapati alat tua berkarat yang tampaknya tidak bisa diselamatkan. Jika Anda memiliki alat seperti itu di kotak, jangan terburu-buru membuangnya. Karat bisa dibersihkan dari peralatan, sekalipun sudah parah. Perkakas yang berkarat bisa dibersihkan dengan cara direndam di dalam sabun cuci piring dan air hangat, kemudian digosok dengan sabut baja atau ampelas. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan rendaman cuka dan garam untuk melembutkan karat, lalu menggosoknya dengan ampelas. Atau, Anda bisa membersihkan karat dengan produk komersial seperti asam oksalat.

1 Cucilah kotoran dan minyak.

Campurkan sabun cuci piring penghilang minyak ke dalam air hangat sampai berbusa. Masukkan peralatan ke dalam air sabun. Sambil direndam, gosok peralatan menggunakan spons atau kain lap sampai minyak dan kotorannya bersih, lalu angkat dari air.[1]
Sabun dan air akan tercampur dengan mudah kalau Anda menuangkan sabun terlebih dahulu ke dalam mangkuk, baru kemudian air.
Keringkan peralatan sampai bisa dipegang dengan nyaman saat diampelas.

2. Mulailah dengan bagian yang paling rusak oleh karat.

Cari area yang karatnya paling tebal dan mulailah mengampelas dari sana. Meski Anda bisa membersihkan seluruh karat, prosesnya akan lebih mudah kalau dimulai dari karat tertebal, lalu lanjut ke karat tipis yang ada pada permukaan alat.
Misalnya, Anda ingin menggosok serpihan karat sebelum membersihkan yang ada di celah-celah sulit.

3. Gosok karat dengan ampelas yang kasar atau sabut baja.

Pilih ampelas dengan grit kasar untuk menggosok di awal agar lebih mudah. Kalau ampelasnya sudah mulai tumpul, ganti dengan yang baru.

4 Buang sisa karat dan bagian yang tidak rata dengan ampelas grit halus.

Gosok peralatan dengan ampelas grit halus untuk membersihkan bintik-bintik karat kecil dan mengembalikan kilau pada peralatan logam. Kualitas ampelas yang lebih halus akan mencegah kerusakan pada peralatan logam.
Kalau masih ada sisa karat pada peralatan, Anda mungkin perlu mencoba pembersih kimiawi.

5 Bilas dan keringkan peralatan.

Setelah karat diampelas, bilas peralatan di bawah kucuran air bersih untuk membersihkan sisa-sisa kotoran. Keringkan dengan kain atau lap bersih untuk memastikan tidak ada air yang tertinggal.
Kalau peralatan tidak benar-benar kering, karat bisa terbentuk kembali.
Gunakan REXCO 50 untuk mengeringkan sisa-sisa kelembapan pada peralatan yang sudah kering

 

 

 

( Sumber : wikihow ) 


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami