Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
7 Tips Memilih Kayu Jati yang Bagus

7 Tips Memilih Kayu Jati yang Bagus

10 Jan 2019
perkakas-dan-otomotif

Meski secara umum masih merupakan salah satu kayu terbaik di negeri ini, namun pemilihan jati tetap harus dilakukan dengan hati-hati. Apa pasal? Dewasa ini, berbagai jenis jati telah dijual bahkan saat usianya begitu muda. Akibatnya, banyak jati-jati dengan kualitas yang tak sesuai harapan. Agar tak salah pilih, mari ikuti panduan memilih jati yang bagus berikut ini.

Kayu jati yang baik adalah kayu jati yang tidak memiliki karakter-karakter di bawah ini.

1. Usia Muda

Sebagaimana disebut di atas, salah satu penyebab turunnya kualitas jati di pasaran adalah penjualan material yang usianya begitu muda. Padahal jaringan muda terdiri dari sel yang kurang kuat dan banyak mengandung air. Oleh sebab itulah, salah satu cara paling mudah untuk memilih jati yang baik adalah memilih berdasarkan usianya.

Illustrasi Gambar Kayu Jati yang Sudah di Tebang

2. Berlubang

Adanya lubang-lubang pada kayu akan membuat tampilan produk yang dihasilkan kurang menawan. Selain itu, kayu berlubang juga indikasi serangan totor atau kumbang bubuk kayu.

Illustrasi Gambar Kayu Jati yang Sudah Berlubang

3. Pori Kayu

Selain usia, kepadatan pori juga bisa disebabkan cara penanaman pohon terkait. Kayu jati berkualitas adalah kayu jati yang kepadatan porinya tinggi.

Gambar Illustrasi Kayu Jati

4. Estetika

Gambar Illustrasi Detail Pola Kayu Jati

Pilih jati dengan tampilan yang menawan. Ciri kayu jati yang bagus sendiri salah satunya ditandai dengan warna lebih gelap sekaligus lebih kuat

5. Mata Mati.

Adanya mata mati mengindikasikan kayu terkait memiliki potensi pecah atau retak yang tinggi.

Illustrasi Gambar Dertail Kayu Jati

6. Jaringan Gabus

Bagian dalam kayu bisa dibedakan menjadi beberapa jaringan. Salah satunya adalah jaringan gabus. Sayangnya, sebagai bahan baku mebel jaringan ini tak begitu baik. Justru disarankan untuk tidak memilih kayu yang memiliki jaringan gabus pada potongannya.

 

7. Teras vs Gubal

Bagaimanapun juga, kayu teras memiliki performa lebih baik dibanding kayu gubal. Kayu teras yang berusia lebih tua secara umum juga lebih kokoh dan menarik. Namun untuk3% keberadaan kayu gubal, jati masih dianggap sebagai kayu jati yang bagus.

Gambar Illustrasi Beberapa Jaringan Pada Kayu Jati

Gambar Illustrasi Jaringan Kayu 

Sumber (www.antijamur.net)

 

 


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami