Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Tips Merawat Handy Talky

Tips Merawat Handy Talky

02 Sep 2019
Perkakas-otomotif

Handy Talky / Walkie Talkie merupakan sebuah alat komunikasi yang bentuknya mirip dengan telepon genggam dan memiliki sinyal yang searah. Karena sinyal searah ini maka pengirim pesan dan penerima tidak dapat berbicara pada saat yang bersamaan.

HT juga menggunakan gelombang radio dengan frekuensi khusus. Sehingga cukup sering dipakai untuk komunikasi yang bersifat sementara karena salurannya dapat diganti setiap waktu. Dengan teknologi yang semakin canggih, jangkauan HT tidak lagi hanya mencapai 2 mil, namun sudah bisa mencapai hingga jarak 12mil.

Nah, berikut ini adalah cara mudah merawat HT:

1. Waktu pengecasan baterai jangan terlalu lama
Saat  Anda melakukan pengecasan sangat disarankan jangan terlalu lama, dikarenakan daya baterai akan cepat mengembung sehingga mempercepat umur baterai. Apabila baterai pada HT Anda sudah penuh, segera lepas pengecasnya.

2. Jangan memaksa cas baterai dengan voltase tinggi
Tegangan listrik / ampere yang besar juga dapat mempengaruhi daya baterai pada HT. Untuk itu, sangat kami sarankan menggunakan adapter cas standar bawaannya.
Contoh diatas adalah aplikasi pengecasan HT dengan charger bawaan sehingga berpengaruh untuk baterai yang lebih tahan lama. Pada charger bawaan telah dilengkapi rangkaian tambahan sehingga tegangan dari adaptor tidak langsung ke baterai. Dan juga terdapat indikator lampu sebagai penanda kalau baterai sudah penuh.

3. Jangan terlalu sering mengecas
Apabila indikator pada baterai HT hanya berkurang sedikit, janganlah langsung dicas. Semakin banyak frekuensi cabut pasang charger, maka semakin berkurang juga daya tahan baterai.  Apabila baterai sudah hampir habis, sebaiknya lakukanlah pengecasan.

4. Jaga suhu baterai
Simpanlah HT di tempat dengan suhu sejuk dan tidak lembab. Apabila pemakaian di lapangan tidak memungkinkan hal tersebut, makaa perlu diperhatikan suhu dari perangkat HT itu sendiri. Apabila sudah panas, maka segera simpan atau didiamkan di tempat sejuk untuk sementara. Hal ini bertujuan agar mencegah overheat yang dapat terjadi pada baterai sehingga merusak fungsi HT apabila dibiarkan.

5. Jauhkan dari percikan air
Dengan adanya cairan yang masuk ke HT, dapat berakibat korsleting.  Hal ini sering terjadi karena ketidaksengajaan ataupun kelalaian pengguna. Sebaiknya Anda menggunakan tas kecil / cover yang dapat melindungi perangkat HT dari air terutama pada saat cuaca hujan.

 

sumber (klikMRO)


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami