Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Tips Keselamatan Kerja Saat Menggunakan Perkakas Listrik

Tips Keselamatan Kerja Saat Menggunakan Perkakas Listrik

20 Jul 2018
Perkakas-otomotif

Di Amerika Serikat, penggunaan perkakas tangan (hand tool) dan perkakas listrik (power tool) menyebabkan beberapa ratus ribu pekerjaan kelistrikan mengalami cedera serius setiap tahunnya. – Bureau of Labor Statistics dan OSHA


 
Setiap perlengkapan kerja sebenarnya dapat beresiko bila dipakai lewat cara yg tidak tepat, bahkan ada beberapa alat yang dapat menyebabkan bahaya serius di banding perlengkapan beda, satu diantaranya perkakas listrik (power tool).

Apa Itu Perkakas Listrik (Power Tool)?
Perkakas listrik (power tool) yaitu perlengkapan kerja yang sumber tenaganya tidak dari manusia, tetapi dari tenaga listrik atau tenaga pneumatik (tekanan udara).


 
Perkakas listrik dapat menyebabkan cedera fatal, dimana pekerja sebagai korban peluang dapat mengalami cacat atau akan tidak kembali sembuh seutuhnya, bahkan juga dalam beberapa masalah, dapat menyebabkan kematian.

Berikut contoh kecelakaan kerja dalam dunia kelistrikan yang berhubungan dengan perlengkapan kerja berdasar pada data Bureau of Labor Statistics (BLS) dan Occupational Safety and Health Administration (OSHA) :

Pada th. 2012, kecelakaan yang berhubungan dengan perlengkapan kerja menyumbang 712 kematian di semua industri.
Sekitar 6% dari semua kecelakaan fatal ditempat kerja dengan segera dikarenakan oleh perkakas listrik.
Survey memprediksi, sejumlah 400.000 pekerja mengalami cedera serius karena perkakas tangan dan perkakas listrik setiap tahunnya.
Oleh karena itu, OSHA mereferensikan setiap pekerja untuk selalu ikuti prosedur bekerja aman dan bertindak mencegah saat memakai perlengkapan kerja, terlebih perkakas listrik. Hal semacam ini ditujukan agar pekerja dapat melakukan pekerjaannya dengan aman dan selamat.


 
Tips Aman Memakai Perkakas Listrik (PowerTool)
Setiap perlengkapan kerja memiliki ketentuan penggunaan dan aksi mencegah berlainan, hal semacam ini berlaku juga untuk perkakas listrik. Pemahaman tentang keselamatan penggunaan perkakas listrik harus di perhatikan agar pekerja dapat melakukan pekerjaannya dengan aman.

Berikut tips aman memakai perkakas listrik :

Bor Listrik
Bor listrik atau bor tangan berperan untuk melubangi kayu, besi, atau beton/tembok. Bor listrik biasanya berupa pistol besar dengan penutup terbuat dari plastik atau logam. Bor ini memiliki spesifikasi bermacam berdasar pada ukuran mata bor, ukuran motor, dan kecepatan.

Pada intinya, bor listrik juga akan memberi hasil yang baik jika dipakai dengan kecepatan yang tepat dan memakai type mata bor yang sesuai. Cara penggunaan bor harus juga Anda perhatikan. Memang hal semacam ini terlihat remeh, tetapi nyatanya banyak pekerja yang belum juga dapat memakainya dengan tepat dan memperhatikan beberapa segi keselamatan saat menjalankannya.

Keselamatan kerja listrik bagi pekerja memakai bor listrik :

Sebelumnya mengebor, kenali media apa yang juga akan dibor untuk memastikan type dan ukuran mata bor yang digunakan
Pakai alat pelindung diri (APD) salah satunya kacamata keselamatan, sarung tangan anti getaran, sepatu keselamatan, helm keselamatan dan earplug/earmuff apabila Anda terpapar kebisingan
Pastikan untuk memegang bor listrik dengan hati-hati agar tidak mengakibatkan kerusakan alat atau menyebabkan cedera
Beri sinyal di bagian yang juga akan di bor dengan memakai pin punch/penitik dan palu untuk hindari mata bor tergelincir ketika pengeboran
Pakai selalu mata bor yang tajam untuk menanggung keselamatan pada operasi pengeboran
Pakai selalu cairan pendingin untuk mendinginkan mata bor, kurangi tingkat keausan dan melindungi ketajaman mata bor
Tidak diperbolehkan memakai ukuran mata bor lebih kecil/besar dari ukuran mata bor yang disarankan
Dilarang menghimpit mata bor dengan kaki untuk menaikkan kemampuan penekanan pengeboran
Pegang mesin bor dengan kuat agar mesin bor tidak terpental ketika dipakai. Apabila tangan kanan memegang pelatuk, maka tempatkan tangan kiri ke belakang tubuh bor untuk menolong mendorong bor ke depan saat sistem mengebor terlebih untuk media yang keras.
Catatan :

Sebelumnya menempatkan mata bor, pastikan steker/colokan bor tidak tersambung dengan stop kontak untuk hindari hal yg tidak dikehendaki. Untuk cara pemasangan dan penggunaan mata bor kerjakan sesuai panduan produsen. Pastikan Anda memakai kacamata keselamatan dan APD yang lain saat menempatkan mata bor.

Impact Wrench
Impact wrench yaitu sebuah alat yang berperan untuk melonggarkan baut/mur dan mengencangkan dengan kecepatan rendah atau tinggi. Perkakas listrik ini memiliki bentuk dan ukuran yang bermacam sesuai maksud penggunaannya. Impact wrench terbagi dalam dua type, yaitu air impact wrench dan electric impact wrench.

 

Sumber : https://bit.ly/2LCmSCw


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami