Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Sepele Tapi Dua Hal Ini Bikin Mobil Matik Cepat Rusak

Sepele Tapi Dua Hal Ini Bikin Mobil Matik Cepat Rusak

04 Jan 2019
Perkakas-otomotif

Transmisi matik pada mobil dianggap sebagai salah satu solusi saat berkendara di jalur perkotaan yang sering macet. Karena pengemudi tak perlu menginjak kopling, alhasil kaki kiri lebih santai dan tidak mudah pegal. 

Namun, mengemudikan mobil matik juga harus dilakukan dengan benar, karena salah-salah justru bisa membuat mobil matik cepat rusak. Salah satu kasusnya transmisi cepat rusak bahkan jebol.

Menurut Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, ada beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan para pengemudi mobil matik.

Sebut saja ketika mobil berhenti di lampu merah tuas transmisi masih dibiarkan pada posisi 'D' (maju). Dia menganjurkan apabila mobil berhenti dalam kondisi macet atau lampu merah sebaiknya dinetralkan, dan jangan terus menerus menginjak rem, karena sedikit banyak juga menyumbang kerusakan pada transmisi

Illustrasi Gambar Pedal Mobil

“Kadang-kadang lampu merah sebentar, kalau begitu enggak apa-apa. Tapi kalau lama sebaiknya dinetralin. Efeknya kalau terlalu lama injak rem, pelat kopling transmisi matik akan cepat aus, dan kalau sudah rusak akan merembet ke gear,” 

Perilaku salah kaprah pengemudi matik lainnya yakni ketika memindahkan gigi dari D ke R (mundur) dilakukan sembarangan, seperti halnya pengoperasian mobil transmisi manual.

 ketika mobil ingin parkir dari mundur dengan momentum mobil masih jalan belum berhenti, tapi tuas transmisi sudah keburu dipindahkan ke D, itu juga akan merusak.

Illustrasi Gambar Mobil Lamborghini Automatic

“Bukan hanya dari mundur ke maju, begitu juga sebaliknya. Karena perpindahan gigi enggak smooth dengan hentakan tinggi, otomatis akan merusak gigi-giginya jika itu sering dilakukan,”

Mobil matik memang dianggap mudah untuk dikemudikan. Maka tak heran populasinya kian menjamur di Tanah Air, dan berbagai wilayah lain di dunia. 

Mobil matik sendiri merupakan kependekan dari automatic. Mobil ini hadir dengan teknologi canggih, sederhana dalam pengoperasiannya dan tingkat keamanan yang lebih tinggi bagi penggunanya. Ada empat fakta tentang mobil matik yang mungkin tidak semua orang mengetahuinya.

Sumber (Viva.co.id)


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami