Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Arti Warna Helm Safety di Proyek

Arti Warna Helm Safety di Proyek

27 Jul 2022
Perkakas-otomotif

Fixcomart - Arti warna helm safety di proyek, sebelum kita mambahasnya mari kita bahas sejarah dari helm safety. Pada awal mulanya penggunaan helm keselamatan (safety helmet) dimulai dari para pekerja di dock/galangan kapal. sebelum yang namanya helm keselamatan atau helm safety ini diciptakan biasanya mereka melindungi kepala mereka menggunakan aspal kering (yang udah mengeras karena dijemur matahari).

Sejarah Warna pada Helm Proyek

Tujuan penggunaan aspal kering ini untuk menutupi/melindungi kepala mereka dari ancaman tertimpa atau kejatuhan benda-benda yang ada diatas geladak kapal yang lagi mereka bangun. Secara resmi helm keselamatan pertama dikembangkan tahun 1912 di Worker’s Accident Insurance Institute Kerajaan Bohemia.

Selain sejarah asal muasal nya, bahan dasar pembuatan helm safety juga berubah-ubah seiring dengan perkembangan teknologi material baru yang lebih efektif dan efisien.

  • Aspal yang dikeringkan (sebelum Tahun 1912)
  • Kanvas Tebal (Tahun 1919)
  • Alumunim (Tahun 1938 kecuali untuk pekerja di bidang listrik, bisa kesetrum gan)
  • Fiberglass (Tahun 1940an)
  • Thermoplastic (Tahun 1950an)

Jenis Helm Safety Proyek :

  • Helm safety pekerja tambang bawah tanah atau terowongan. Helm ini bentuk pinggirannya lebar serta diatas lebih menonjol dengan dilengkapi gantungan atau tempat meletakkan senter.
  • Helm safety yang digunakan di daerah tambang atau industri terbuka. Helm ini bentuknya biasa saja atau lebih umum.

Setelah kita mengetahui sejarah bagaimana asal mula dari helm safety, sekarang yuk kita bahas apa makna dan tujuan dari pemberian warna yang mencolok pada helm safety. Tujuan utama helm safety diberikan warna-warna yang mencolok/terang seperti warna kuning, putih, orange, hijau, biru, merah dll. Dengan harapan pekerja yang menggunakan helm keselamatan ini akan lebih mudah terlihat apabila ada kendaraan/alat berat yang mau lewat sehingga tidak tertabrak.

Namun sekarang ini ada arti tersendiri dari warna pada helm safety. Pasti banyak diantara kita yang pernah melihat karyawan yang memakai helm safety atau helm proyek dengan warna yang berbeda. Tentu yang terlintas dalam pikiran kita ketika melihat seseorang menggunakan helm tersebut adalah mereka dari pekerja bangunan atau mungkin juga seorang kontraktor. Helm tersebut sebenarnya tidak perlu diletakan di depan/belakang kaca kendaraan. Karena kalau tujuannya untuk memudahkan mengambilnya sebaiknya diletakkan di atas kursi belakang atau didalam kap saja.

Biasanya kalau kita perhatikan warna helm safety yang diletakan di depan/belakang kaca kendaraan adalah helm safety berwarna putih. Kenapa helm yang berwarna putih? Karena helm safety warna putih ini biasanya hanya dipakai oleh orang yang memiliki jabatan tinggi seperti seorang insinyur atau pihak manajemen. Karena itu kalau di site mereka yang pakai helmet putih lebih dihormati karena memang mereka memiliki jabatan yang tinggi.

Arti Warna Helm Safety di Proyek

Helm Proyek Warna Putih 

Helm proyek berwarna putih ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang memiliki jabatan tinggi di kawasan kontruksi. Misalnya untuk jabatan insinyur, manajer, pengawas atau bahkan mandor para pekerja. Mereka yang mengenakan helm putih ini juga biasanya punya tanggungjawab dan pengetahuan yang lebih besar. Jadi jangan ragu-ragu untuk bertanya pada mereka yang mengenakan helm warna putih ini ketika belum paham hal-hal detail soal proses pembangunan.

Helm Proyek Warna Kuning 

Helm proyek yang memiliki warna kuning ini digunakan oleh para pekerja umum di lapangan atau sub kontraktor. Biasanya para pekerja yang menggunakan helm berwarna kuning ini juga wajib mengenakan rompi berwarna kuning stabilo saat melakukan tugasnya di Proyek.

Helm Proyek Warna Biru

Lain helm proyek warna kuning, lain pula dengan yang berwarna biru. Helm proyek berwarna biru biasanya digunakan oleh pekerja lapangan yang punya jabatan sebagai supervisor lapangan, operator teknis, atau pengawas sementara di sebuah kawasan proyek. Operator teknis di sini misalnya adalah teknisi kelistrikan sampai tenaga ahli di bangunan kayu.

Helm Proyek Warna Hijau

Sesuai dengan warnanya, helm proyek berwarna hijau ini adalah alat pengaman yang digunakan oleh seseorang yang tugasnya berhubungan dengan lingkungan. Di kawasan proyek, mereka adalah pengawas lingkungan atau peneliti lingkungan terhadap sesuatu yang tengah dibangun. Jadi orang-orang yang mengenakan helm proyek warna hijau ini biasanya yang paling tahu tentang keadaan lingkungan proyek, pun di sekitarnya. Helm safety warna hijau biasanya dipakai oleh pengawas lingkungan.

Helm Proyek Warna Merah

Helm proyek berwarna merah ini bukan sebagai pemadam loh, beda ceritanya jika digunakan pada saat di lapangan atau proyek. Para pekerja yang mengenakan helm berwarna merah ini biasanya menduduki jabatan sebagai pengawas sistem pengamanan di kawasan proyek.

Helm Proyek Warna Orange atau Jingga

Helm proyek berwarna jingga biasanya digunakan oleh orang-orang di luar pekerja konstruksi yang ingin masuk dan meninjau kawasan tersebut.

Atas dasar faktor klasifikasi inilah yang menyebabkan beberapa orang meletakan helm safety bewarna putih di depan/belakang kaca kendaraan mereka sebagai simbol pekerjaannya, namun ada juga orang yang sekedar ikut-ikutan tanpa mengetahui alasan dan tujuan orang lain meletakan helm safety di situ. Contohnya: Orang lain meletakan helm safety bewarna putih dia juga ikut meletakknya walaupun helmnya bewarna kuning.

Sebenarnya kalisifikasi perbedaan warna helm safety ini belum jelas asal usulnya dari mana. Mungkin hal ini berlaku setelah banyak orang yang mengartikan dan menerapkan hal tersebut sehingga menjadi suatu tradisi.

Biasanya kalsifikasi warna helm safety tersebut berbeda atau tidak berlaku di setiap negara bahkan di setiap site/proyek. Contohnya para pekerja di pertambangan minyak seperti petr*n*s orang yang memakai helm safety berwarna kuning adalah divisi/unit Operation Department yang dianggap unit paling penting dan terdiri dari Engineer yang ahli. Maka bagi mereka topi bewarna kuning adalah status atau kelas yang paling tinggi sementara di tempat construction topi bewarna kuning adalah golongan paling rendah yaitu pekerja umum termasuk cleaner.

Fungsi Helm Safety di Proyek

Sebenarnya fungsi utama dari helm safety tersebut untuk melindungi kepala agar terhindar dari kejatuhan barang dan lainnya. Begitu juga dengan safety boot yang perlu kita gunakan ketika berada di area proyek kontruksi untuk melindungi kaki. Sebaiknya pilih safety boot yang ujung dan alasnya berlapis dengan besi untuk menghindari sepatu tersebut tembus ketika kaki kita menginjak benda tajam.

Cara pemakaian helm safety yang benar akan memberikan perlindungan bagi kepala anda. Daerah kerja seperti di tambang minyak, pabrik pupuk, pabrik kimia, proyek pembangunan gedung dan lainnya biasanya menetapkan helm safety sebagai alat pelindung diri yang wajib. Karena potensi resiko yang berasal dari atas kepala banyak terdapat di lingkungan kerja seperti itu. Dalam menggunakan helm safety, ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya :

  • Sebelum digunakan telitilah bahwa helm tersebut dalam kondisi baik untuk digunakan, pas dan nyaman dikepala anda (tidak longgar dan tidak terlalu sempit), tidak rusak dan cacat.
  • Gunakan helm safety dikepala dengan benar (tidak miring, terlalu mendongak, menunduk sehingga menutupi pandangan, atau terbalik
  • Jika berada pada tempat yang tinggi dan kondisi ber angin, chain strip harus digunakan untuk menghindari safety helmet yang dikenakan terbang karena tiupan angin kencang.

Dalam penggunaannya helm safety sering terjadi insiden seperti benturan atau tertimpa benda yang jatuh. Setelah terjadi insiden biasanya helm safety mengalami kerusakan. Sekecil apapun kerusakan yang terjadi helm safety harus diganti dengan yang baru. Jangan menggunakan helm safety yang sudah mengalami cacat atau kerusakan.

Penggunaan helm safety yang masih bagus pun ada batasannya. Rata-rata umur pakai sebuah helm safety adalah 5 tahun, namun ini sangat tergantung kepada bahan yang digunakan untuk membuat helm tersebut. Setiap produsen helm safety akan mencantumkan batas maksimum pemakaian pada helm tersebut. Periksalah dengan teliti. Perlu juga menjadi perhatian kita adalah membersihkan helm safety setelah digunakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari rusaknya material akibat kotoran yang menempel. Karena bisa saja kotoran tersebut adalah bahan kimia, minyak atau solvent yang bisa memicu rusaknya bahan dasar pembuatan helm safety tersebut.


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami