Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
Jangan Dicuci! Inilah Cara Membersihkan Vacuum Cleaner yang Benar

Jangan Dicuci! Inilah Cara Membersihkan Vacuum Cleaner yang Benar

06 May 2021
Perkakas-otomotif

FixcomartMemiliki rumah yang bersih dan sehat merupakan dambaan semua orang. Dengan kebersihan yang baik, rumah menjadi nyaman ditempati. Terbatas dari kuman dan bakteri yang mengundang banyak penyakit dana man dari debu yang menundang alergi dan asma.

Keadaan rumah yang bersih tidak lepas dari suatu produk yang penting dalam keberdsihan ruangan, yakni Vacuum cleaner. Alat ini lebih dikenal sebagai alat pembersih / perkakas pembersih untuk dirumah ataupun di mobil. Sudut ruangan yang sering lupa saat membereskan rumah.

Cara Membersihkan Vacuum Clenear / Mesin Penyedot Debu dengan Benar

Agar mesin Vacuum Cleaner tetap awet dan bekerja secara optimal, dibutuhkan suatu strategi / keterampilan agar dapat membersihkan vacuum cleaner dengan benar. Beberapa diantaranya :

Filter Udara

Setiap Vacuum Cleaner memiliki filter yang berfungsi untuk menyaring kotoran debu dan kotoran tersisa, sebelum udara dikeluarkan kembali kedalam ruangan. Pada umumnya filter yang dijual dipasaran dibagi menjadi 3 bagian yaitu filter sekali pakai, filter yang bisa dicuci dan filter HEPA.

Untuk Vacuum Cleaner yang mempunyai filter yang dapat dilepas dan dicuci, bagian filter ini bisa di bersihkan dan digunakan kembali. Caranya dengan lepas filter yang ada didalam produk dan kemudian ketuk permukaannya supaya dapat menghilangkan gumpalan – gumpalan debu yang tersisa. Kemudian bersihkan filter dengan air hangat dan biarkan mengalir sampai debu gumpalan hilang.

Sikat Kuas

Bagian sikat kuas atau brush and bristle adalah bagian Vacuum Cleaner yang patut untuk dibersihkan, ini dikarenakan sikat kuas berperan penting dalam menyedot kotoran debu atau kotoran lain seperti rambut atau bulu hewan yang menempel di karpet atau di Sofa.

Biasanya kotoran lain itu dapat menghambat kinerja Vacuum Cleaner dan akan membuat produk menjadi cepat rusak bila dibiarkan dan tidak dibersihkan.

Kantong Debu

Kantong debu adalah bagian yang  berfungsi untuk menampung kotoran yang telah tersedot Vacuum Cleaner. Idealnya, kantong debu harus dibersihkan setelah membereskan rumah agar debu Vacuum Cleaner tidak menumpuk dan menjadi sarang bakteri dan kuman.

Cara yang tepat untuk membersihkan kantong debu adalah dengan memukulnya hingga keluarnya kotoran didalamnya. Setelah bersih, rendam kantong dengan larutan campuran air sabun dan detergen / dengan campuran disinfektan, kemudian keringkan dimesin cuci atau dibawah sinar matahari.

Selain kantong debu, tabung Vacuum Cleaner juga harus dibersihkan. Caranya adalah dengan lap tabung dengan kain basah kemudian dengan menggunakan lap kering sampai tidak ada noda.

Selang Mesin

Bagian terakhir yang harus dibersihkan adalah selan mesin atau Vacuum Cleaner Hose Clean Up. Selang ini berfungsi sebagai penyalur debu dan kotoran agar terkumpul dalam kantong debu.

Seringkali selang menjadi kotor karena memiliki banyak celah yang membuat banyak kotoran menempel didalamnya. Bila dibiarkan begitu saja, selan menjadi tersumbat dan membuat Vacuum Cleaner tidak berfungsi dengan normal.

Demikian pembahasan terkait dengan cara membersihkan Vacuum Cleaner dengan benar, jangan lupa untuk rutin membersihkan bagian – bagian penting Vacuum Cleaner agar mesin tetap awet dan bisa digunakan terus menerus tanpa kendala sedikit pun.


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami