Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
5 Macam Jenis Obeng yang Jarang Orang Tahu

5 Macam Jenis Obeng yang Jarang Orang Tahu

20 Apr 2021
Perkakas-otomotif

Fixcomart - Obeng merupakan bagian dari alat perkakas rumah yang sering kali dianggap tidak penting, tetapi wajib ada dirumah karena memiliki peran yang penting ketika hendak memasang atau melepaskan benda yang sebagian besar membutuhkan Obeng untuk membukanya. Ada banyak macam - macam jenis obeng yang jarang orang tahu.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, obeng mengalami perkembangan dengan beberapa macam jenis obeng dan ukuran yang dapat memudahkan dalam melakukan pekerjaan karena flesibilitasnya.

Cara membuka baut slek atau dol

Hampir semua pekerjaan yang berhubungan dengan mur atau baut akan membutuhkan benda ini dirumah. Selain benda yang kecil dengan harga terjangkau, obeng ini bisa membantu pekerjaanmu menjadi lebih mudah.

Macam - Macam Jenis Obeng

Flat Head / Obeng Min

Flat head atau lebih dikenal denagn sebutan obeng min ini merupakan jenis obeng yang sering kita jumpai, obeng ini dibuat pada abad ke-15. Ini bisa digerakkan secara manual atau digerakkan dengan daya. Jenis obeng min ini dibagi menjadi 2 jenis : Kabinet dan Keystone.

Obeng Keystone memiliki ujung poros agak lebih luas dibandingkan dengan jenis cabinet yang membuatnya lebih berlaku untuk tujuan seperti woodworking.

Sedangkan obeng kabinet lebih digunakan untuk membuat perhiasan dan lainnya.

Selain itu, seiring berkembangnya zaman obeng ini memiliki ujung magnet, tujuannya untuk lebih memudahkan pekerjaan seperti menjangkau lobang mur yang tidak bisa dijangkau dengan tangan maka bisa dijangkau dengan obeng ini karena memiliki magnet didalamnya.

Obeng Ratchet

Obeng Ratchet ini memiliki gagang yang dapat menyimpan mata sekrup dan dilengkapi dengan sekrup pipih, sok dan kembang. Jika ingin mengganti sekrup, maka bagian ujung obeng bisa dibongkar pasang. Salah satu obeng ratchet yang memiliki fungsi all in one seperti ini adalah dari merk Tekiro. Salah satu produsen alat perkakas handtools ini menjual alat yang terbaik dikelasnya

Keunggulan sistem ratchet adalah penyetelan dan pemasangan satu arah cepat tuntas, sedangkan kekurangannya bagian penyetelan skrup cepat aus.

Obeng Kembang / Obeng Plus

Obeng kembang memiliki yang menyerupai bentuk kembang atau tanda plus pada ujungnya, obeng ini dapat memudahkan dalam membantu membuka model mur atau baut yang memiliki kepala plus atau bentuk kembang. Obeng Plus ini wajib dimiliki karena dapat lebih mudah membantu menyelesaikan pekerjaan lainnya.

Hampir semua pekerjaan yang berkaitan dengan mur pasti akan menggunakan obeng ini. 

Obeng Baterai

Obeng jenis ini adalah obeng yang paling mudah digunakan, karena jenis ini membutuhkan tenaga listrik atau bater ,sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga saat menggunakannya.

Cara penggunaan obeng ini dengan menekan tombol pada bagian start atau on off untuk menyalakan mesin ini. Karena ini obeng jenis elektrik, maka cara agar obeng tersebut nyala adalah dengan menggunakan baterai yang dapat diisi ulang.

Obeng jenis elektrik pada umumnya memiliki kelengkapan mata sekrup plat dan kembang.

Torx

Obeng jenis Torx merupakan salah satu tipe obeng yang sering dijumpai. Awalnya Torx digunakan untuk fungsi keamanan, tetapi sejak itu menjadi popular dibidang komersial. Bentuk dari obeng ini menyerupai bintang bulat atau bunga, Torx juga terkenal karena keamanannya dan efisiensinya.

Nah, itulah beberapa jenis obeng yang wajib kalian miliki dirumah, untuk mendapatkan produk obeng obeng seperti itu tadi cukup mudah, sudah banyak yang menjual secara online atau melalui website Fixcomart.


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami