Whatsapp
Hubungi Kami (021) 2607-1922 / +628-1717-1922 / +628-1717-18-1922
4 Ciri-ciri Busi Mati atau Rusak

4 Ciri-ciri Busi Mati atau Rusak

22 Aug 2022
Perkakas-otomotif

Fixcomart - Busi merupakan sebuah komponen kecil yang memiliki peranan penting pada motor. Busi ini mengantarkan pengapian untuk menyalakan motor, dengan tidak adanya busi atau busi mati akibat lalai dalam merawat tentunya akan mempengaruhi motor menjadi susah nyala atau bahkan tidak bisa nyala sama sekali. Meskipun demikian, bentuknya yang kecil sering kali membuat para pengguna kendaraan motor tidak memperhatikan kondisinya.

Baca Juga: Cara Setting Karburator Motor Irit

Padahal, komponen ini harus selalu di cek secara berkala untuk menghindari berbagai kendala saat sedang berkendara. Berikut beberapa ciri-ciri busi mati atau rusak yang perlu kamu perhatikan:

1. Tarikan Kurang Responsif

Ciri-ciri busi mati atau rusak pertama yang dirasakan adalah tarikan mesin kendaraan motor jadi kurang responsif atau seperti kehabisan bensin atau bahan bakar. Hal ini dikarenakan adanya perubahan celah busi antara elektroda dan ground.

2. Motor Susah dinyalakan

Jika motor kamu sering mengalami kesulitan Ketika dinyalakan, maka ini adalah salah satu tanda busi rusak. Hal ini dikarenakan busi rusak tersebut tidak mampu menghasilkan percikapan api yang cukup diruang bakar, sehingga motor jadi sulit untuk dinyalakan, baik dengan kick starter maupun electric starter.

3. Mesin Pincang

Jika motor kamu memiliki lebih dari 1 silinder, busi rusak juga akan mengurangi performa motor kesayangan kamu. Pada umumnya, motor akan mengalami pincang mesin karena salah satu silindernya jadi tidak berfungsi dengan baik. Jika hal ini terjadi, biasanya suara mesin jadi terdengar kasar.

4. Mesin Menjadi Boros Bahan Bakar

Penyebab motor menjadi boros selain dari karburator, Pembakaran yang kurang sempurna akibat kondisi misfire yang dihasilkan karena busi rusak bisa membuat endapan kotoran pada ujung insulator busi atau elektroda. Jika demikian, Otomatis pemakaian bahan bakar pun jadi semakin boro. Hal ini dikarenakan percikan api yang dihasilkan sangat kecil, sehingga tidak bisa membakar secara sempurna.

Itulah beberapa ciri-ciri busi mati atau rusak dan dampaknya yang bisa kamu rasakan Ketika berkendara dengan motor kamu. Untuk dapat menghindarinya, lakukanlah penggantian busi secara rutin. Idealnya, Busi diganti secara berkala setiap 6.000 Km sekali.  

Rawatlah dengan rutin mesin kendaraanmu agar selalu terjaga, dan selalu cek berkala untuk mendapatkan hasil performa mesin yang lebih maksimal. Dengan mengganti busi yang sudah mati pun membutuhkan kunci ring atau kunci busi dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran busi motor yang kamu gunakan. Temukan produk kunci ring untuk membuka busi motor atau dengan kunci busi bisa kamu cari di Fixcomart.com


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami