SHOPPING CART (0) 0
Semua Kategori
Hubungi Kami +6221 260 719 22
Wajib Punya, 6 Macam-macam Alat Berkebun!

Wajib Punya, 6 Macam-macam Alat Berkebun!

30 Nov 2019
Perkakas

Kegiatan berkebun di rumah menggunakan berbagai macam alat berkebun sudah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seseorang. Di antaranya adalah berkurangnya risiko penyakit jantung, meningkatnya daya tahan tubuh, menjaga kesehatan otak, serta meningkatkan koordinasi dan kekuatan tangan.

Untuk menunjang kegiatan berkebun, kamu memerlukan sejumlah alat berkebun yang wajib dimiliki. Tak hanya agar sesi berkebun menjadi lebih nyaman, berbagai alat berkebun berikut akan membantu kamu merawat dan menjaga kebun dengan lebih efektif.

1. Sekop

Saat membawa pulang tanaman baru, kamu perlu memindahkannya ke pot atau langsung di tanah. Untuk mempermudah prosesnya, kamu wajib memiliki alat berkebun bernama sekop. Alat berkebun ini berguna untuk menggali tanah atau media tanam lain di wadah baru dan menutupnya kembali setelah tanaman berhasil dipindahkan.

Sekop yang baik memiliki bagian tajam pada ujungnya untuk memudahkanmu saat memotong akar tanaman dan mencongkel tanah padat. Alat berkebun ini sebaiknya terbuat dari besi atau stainless steel supaya tidak mudah patah saat digunakan.

2. Garpu Tanam

Garpu taman diberi nama demikian karena bentuk dari alat berkebun mirip seperti garpu makan. Fungsi utamanya adalah mengumpulkan daun-daun kering dan aneka sampah lain yang ada di sekitar tanaman.

Alat berkebun ini juga bisa digunakan untuk menggali pot dalam ukuran kecil dan meratakan tanah. Ukuran garpu taman yang besar cocok untuk kamu yang memiliki banyak tanaman hias besar supaya lebih hemat tenaga dan waktu. Begitu pula sebaliknya untuk tanaman berukuran kecil.

3. Cangkul

Cangkul sering ditemukan sebagai perkakas bangunan, tepatnya untuk mengaduk semen dan pasir. Padahal, alat berkebun ini pada dasarnya berfungsi untuk menggali tanah dalam jumlah banyak.

Ketika ingin menyingkirkan rumput liar di tanah kosong, kamu bisa menggali dengan cangkul sekaligus mencabik akarnya supaya tidak mudah tumbuh lagi. Alat berkebun ini juga dibutuhkan saat kamu ingin menanam pohon. Hati-hati saat mengayunkannya karena alat berkebun ini cukup berat dan bagian tepinya tajam.

4. Gunting tanaman

Dalam siklus hidup tanaman, ada saatnya mereka tumbuh dan juga membusuk. Untuk dua urusan ini, kamu wajib memiliki alat berkebun berupa gunting ranting yang bentuknya melengkung.

Ranting-ranting tanaman yang berantakan akan lebih mudah digunting menggunakan gunting ranting daripada gunting biasa. Bagian tanaman yang sakit atau membusuk juga perlu digunting supaya tidak merambat ke bagian tanaman lainnya. Alat berkebun ini juga bisa digunakan untuk merapikan bagian akar yang tumbuh berlebihan.

5. Sarung tangan berkebun

 

Pergi berkebun berarti kamu harus siap berkotor-kotoran dengan tanah dan air. Setelah berkebun, kamu bisa mandi membersihkan diri. Tapi tanah yang masuk ke dalam kuku akan sulit dibersihkan, jadi sebaiknya kamu menggunakan sarung tangan untuk pencegahan.

Alat berkebun yang satu ini dibuat menggunakan kain tebal agar nyaman digunakan dan memudahkanmu memegang alat berkebun lainnya. Di samping melindungi kuku dari kotoran, kamu juga bisa terhindar dari duri-duri tanaman yang sedang dirapikan.

6. Penyiram tanaman

Semua tanaman membutuhkan air untuk bertahan hidup. Sebagai pemilik kebun, kamu wajib menyiramnya dengan air. Supaya lebih mudah, alat berkebun berupa penyiram tanaman ini wajib ada.  Bentuknya menyerupai cerek air dalam berbagai kapasitas. Sesuaikan ukuran penyiram tanaman dengan banyaknya tanaman yang kamu miliki.

Sumber : dekoruma


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami