SHOPPING CART (0) 0
Semua Kategori
Hubungi Kami +6221 260 719 22 / +628171 719 22
Tips Cara Service Motor Sendiri dirumah

Tips Cara Service Motor Sendiri dirumah

19 Aug 2021
Perkakas

Fixcomart - Untuk menjaga sepeda motor Anda dalam kondisi tetap baik, perawatan berkala harus dilakukan. Namun, banyak orang sedikit malas merawat sepeda motornya sendiri dan menyerahkan sepenuhnya kepada bengkel resmi. Tapi ada juga yang suka menunda-nunda service motor di bengkel resmi karena masalah biaya. Jadi, kenapa tidak mencari tahu cara service motor sendiri saja?

Melakukan service atau merawat sepeda motor Anda secara teratur membuat motor anda terus dalam kondisi prima dan memastikan bahwa Anda kendaraan anda aman dan bebas masalah. Tidak harus selalu ke bengkel resmi, banyak pekerjaan servis dasar yang cukup mudah dilakukan sendiri.

Nah, bila anda berniat mengetahui cara service motor sendiri, kami sudah merangkum berbagai langkah yang bisa anda lakukan. Simak ya..

Periksa Oli Mesin Kendaraan

Cara service motor sendiri yang pertama adalah tentang oli mesin. Oli ini bertugas melumasi gigi dan mesin Anda, jadi mengganti oli mesin secara tepat waktu bisa menyebabkan kerusakan pada mesin. Biasanya, ganti oli ini dilakukan setiap 2 bulan atau setiap 2.000km (mana yang lebih dulu).

Periksa juga apakah ada kemungkinan kebocoran oli. Hindari menjalankan sepeda motor Anda pada oli yang kotor. Hal ini akan meningkatkan konsumsi bahan bakar secara drastis dan mengurangi umur mesin motor anda.

Selalu Cek Rutin Rantai

Cara service motor selanjutnya pada bagian rantai. Jika rantai sepeda motor  Anda tidak dilumasi, lama-lama akan rusak karena kelebihan panas, dan akan aus. Keausan kumulatif ini pada akhirnya akan membuat rantai longgar, dan loss. Ini bisa sangat berbahaya. Laukan langkah berikut:

  • Setel tingkat kekencangan rantai.
  • Setelah itu, gunakan bensin untuk mencuci rantai.
  • Gunakan selembar kain dan sikat yang lembut untuk menghilangkan kotoran di rantai. Jangan gunakan air untuk membersihkan rantai, karena itu dapat merusak sambungan rantainya.
  • Bersihkan rantai dengan lap kering yang bersih, setelah kotoran dibersihkan sepenuhnya.
  • Berikan pelumasan rantai (banyak dijual di toko).
  • Pastikan bahwa rantai sepeda motor Anda memiliki ketegangan yang tepat (ada pada buku manual panduan service motor).

Cuci Sepeda Motor Secara Teratur

Menjaga kebersihan tidak hanya akan membuat motor terlihat bagus tetapi juga akan membantu dalam hal pemeliharaan. Motor yang bersih akan memudahkan melihat baut dan mur yang hilang atau longgar.

Sebiasa mungkin hindari memaparkan sepeda motor  Anda ke sinar matahari langsung. Selalu coba untuk memarkir sepeda motor  Anda di tempat teduh.

Periksa Aki Kendaraan Motor

Lakukan perawatan berkala pada aki motor untuk memperpanjang umur atau masa pakai aki. Apabila motor anda masih menggunakan aki basah, lakukan hal berikut ini:

  • Isi ulang Aki dengan air Zuur (air aki isi ulang), kapan pun diperlukan.
  • Periksa apakah ada kebocoran dari aki.
  • Usahakan air aki selalu terisi penuh jika sepeda motor tidak digunakan dalam waktu lama.

Periksa Kondiri Rem

Cara service motor selanjutnya ada pada bagian rem. Rem menjadi terlalu ketat, atau terlalu longgar, bisa jadia akan membahayakan.

  • Kencangkan rem sesuai gaya dan kebutuhan pribadi Anda.
  • Ganti bantalan rem sepeda motor di bagian depan jika mulai ada suara deritan, tapi hal ini juga bisa karena kurangnya minyak.
  • Periksa oli rem depan dan belakang (kalau ada) dengan spesifikasi yang direkomendasikan. Biasanya jangka waktunya lama, selamanya minyak rem masih tidak bocor.
  • Bila rem anda masih tromol (belum cakram) dan ada suara berdecit, kemungkinan besar kampas rem anda kotor. Bersihkan supaya bunyi tersebut hilang.

Periksa Tekanan Angin Ban

Cara service motor sendiri Terakhir adalah pemeriksaan ban. Coba periksa kondisi tapak ban apakah sudah halus atau masih bagus. Jika sudah halus, maka siap-siap anda harus segera menggantinya. Untuk periksa tekanan angin ban bisa menggunakan compressor mini bisa di dapatkan di Fixcomart.com.

Selain itu, periksa juga tekanan ban. Pemeriksaan ban ini bisa anda lakukan rutin setiap minggu. Jika ban motor anda kempes dengan cepat, mungkin sudah saatnya ganti ban juga.

Itulah beberapa cara service motor sendiri dirumah. Bisa kalian coba nih ketika dirumah sedang tidak sibuk dan ingin mencoba untuk service sendiri. 


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami