SHOPPING CART (0) 0
Semua Kategori
Hubungi Kami +6221 260 719 22
Jenis - Jenis Masker

Jenis - Jenis Masker

06 Feb 2020
Perkakas

Saat ini, dunia sedang digemparkan oleh mewabahnya virus corona. Sejauh ini, wabah ini telah merenggut 82 nyawa dengan total orang yang terkontaminasi sebanyak 2.900 di berbagai negara.

Virus yang belum ditemukan obatnya ini telah menyebar ke kurang lebih 20 negara. Meski begitu, hingga saat ini belum ada kabar jika penyakit tersebut telah memasuki Indonesia. Di negara sekitar, seperti Singapura dan Malaysia tercatat ada 4 dan 3 kasus secara berurut.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara mencegah penyebaran virus corona. Salah satu hal yang sangat disarankan untuk dilakukan adalah penggunaan masker, terutama masker N95. Selain itu, kamu juga harus tahu Jenis - jenis masker dan penjelasannya

Masker  adalah alat pelindung pernafasan kita dari bahaya terhirupnya debu, serpihan dan material berbahaya lainnya. Oleh sebab itu masker digunakan saat kita berada di area yang udaranya kurang baik untuk pernafasan manusia. Saat kita berada di area yang berasap, seperti dekat area kebakaran hutan, pembakaran sampah, asap knalpot. Masker seharusnya digunakan saat kita bekerja dengan cat semprot atau insektisida.

Masker memiliki dua jenis utama sesuai kebutuhan kita:

Masker Partikel. Masker ini mampu menyaring udara dari partikel sebesar 0,3 micron. Masker partikel ini biasanya untuk penggunaan sekali-pakai dan terbagi menjadi dua,  berdasarkan materi pembuatnya:
 

Masker fiber: masker ini adalah masker yang umum digunakan saat ini dan mudah didapat, bahkan di minimarket dekat rumah kita. Masker fiber juga ada yang menggunakan bahan karbon aktif, sehingga meningkatkan kemampuan filtrasi udara. Masker fiber secara umum digunakan dalam dunia medis dan juga oleh pengguna kendaraan bermotor.
 

Masker kertas: masker ini memiliki kemampuan filtrasi udara yang lebih baik (bahkan dapat menyaring virus yang beterbangan 

Masker Kimia. Masker ini umumnya terbuat dari bahan karet sintetis dan plastik serta dilengkapi filter yang dapat diganti secara berkala sehingga usia pakainya lebih panjang dibandingkan masker partikel. Filter masker kimia biasanya menggunakan bahan karbon aktif sehingga dapat menetralkan udara tercemar yang kita hirup.
Masker kimia terbagi menjadi dua: filter tunggal dan filter ganda. Filter ganda otomatis memiliki kemampuan filtrasi dua kali lebih baik daripada filter tunggal. Model seperti ini hanya menutupi area hidung dan mulut dengan cukup rapat dan biasanya disebut model half-face mask.

Masker ini digunakan dalam area yang udaranya mengandung uap hasil proses kimia dan oksidasi dan dalam skala polusi udara rendah, seperti area pengecatan, kebakaran, pembuangan sampah, pengelasan, dan sebagainya.

Untuk area-area yang udaranya mengandung uap atau gas yang berbahaya untuk mata, digunakan model masker kimia yang menjadi satu dengan pelindung mata sehingga lebih praktis. Inilah yang disebut sebagai model full-face mask. Biasanya digunakan oleh Petugas Pemadam Kebakaran atau Pasukan Anti Huru-hara.

 

Perlu diperhatikan! Masker ini dibuat dengan tujuan supaya kita mampu bernafas untuk beberapa saat di dalam area tercemar dan dengan kadar oksigen yang cukup untuk bernafas. Bukan untuk penggunaan selama seharian dan terus menerus!

 

Jika untuk penggunaan dalam area yang kadar oksigennya lebih rendah dari 19,3%, kita akan sulit bernafas! Hal ini sangat berbahaya! Untuk area seperti itu, gunakan masker dengan tabung oksigen!

 

Jika harus berada di area tercemar untuk waktu panjang, ambil waktu untuk keluar dari area tersebut dan hiruplah udara bersih selama beberapa saat sebelum kembali masuk lagi. Hal ini demi menjaga kesehatan paru-paru Anda sendiri.

 

 

Sumber : klopmart


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami