SHOPPING CART (0) 0
Semua Kategori
Hubungi Kami +6221 260 719 22
Cara Perawatan Genset

Cara Perawatan Genset

15 May 2020
Perkakas

Genset (generator set) adalah sebuah perangkat yang berfungsi menghasilkan daya listrik. Disebut sebagai generator set dengan pengertian adalah satu set peralatan gabungan dari dua perangkat berbeda yaitu engine dan generator atau alternator. Engine sebagai perangkat pemutar sedangkan generator atau alternator sebagai perangkat pembangkit listrik. Engine dapat berupa perangkat mesin diesel berbahan bakar solar atau mesin berbahan bakar bensin, sedangkan generator atau alternator merupakan kumparan atau gulungan tembaga yang terdiri dari stator ( kumparan statis ) dan rotor (kumparan berputar). Dalam perawatan genset, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

1. Pemahaman manual text book
 
Ketika Anda membeli genset, pastikan orang yang mengoperasikannya paham betul metode pemakaian mulai dari cara menghidupkan genset, cara mengisi oli, menstabilkan aki, maupun metode lainnya sesuai dengan manual text book yang diberikan. Dengan demikian, resiko kerusakan akibat salah penggunaan bisa diminimalisir dengan baik.
2. Pemasangan kabel yang benar
 
Ketika Anda harus merakit sendiri gensetyang Anda beli, pastikan seluruh kabel yang menjadi pelengkap gensetterpasang dengan benar. Pastikan seluruh kabel terpasang kuat dan tidak kendor sehingga tidak akan terjadi bahaya seperti konsleting atau kebakaran. Terkait dengan kabel, jangan sampai Anda menyentuh terminal output yang ada di mesin, terlebih ketika genset sedang beroperasi, karena hal tersebut bisa menyebabkan Anda tersengat arus listrik yang cukup tinggi. Saat Anda ingin memasang kabel power, Anda bisa mematikan MCCB terlebih dahulu.
 
3. Posisi genset
 
Ketika Anda membeli genset, letakkan alat tersebut di area terlindung yang tidak akan menimbulkan polusi suara, polusi udara maupun kejadian berbahaya lainnya. Berikut adalah beberapa hal terkait peletakan genset yang harus Anda perhatikan, diantaranya :
 
Jangan letakkan genset di lokasi yang lembab, pastikan ada sirkulasi udara yang baik meski genset diletakkan didalam ruangan. Dengan demikian, suhu mesin dapat terjaga tetap dingin dan tidak ada gas berbahaya yang terhirup pernafasan meski tidak sengaja.
 
Ketika genset diletakkan di dalam ruangan, pastikan ruangan tersebut bersih sehingga tidak ada hama pengerat yang bisa merusak instalasi kabel genset.
 
Ketika genset diletakkan di luar ruangan, pastikan ada kanopi yang akan melindungi genset dari tekanan udara yang berubah-ubah maupun hujan. Hal ini karena tetesan air hujan bisa menyebabkan konsleting atau kerusakan di bagian mesin.
 
Letakkan genset di area yang memiliki permukaan rata dan pondasi yang kuat agar ketika terjadi getaran akibat gempa atau getaran mesin genset tidak akan mudah rusak karena pondasi lantai yang mulai bergelombang.
 
4. Menjaga kebersihan
 
Hal berikutnya yang dapat Anda terapkan untuk menjaga agar genset tetap awet dan tahan lama adalah menjaga kebersihan genset. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan terkait pemeliharaan kebersihan, yaitu :
 
Posisi kabel genset yang tetap terlihat tertata rapi, tanpa ada lecet, bekas mengelupas, kabel kendor, ataupun kebocoran akibat keratan hama yang bisa menyebabkan konsleting pada genset.
 
Pastikan radiator pada genset tetap bersih tidak terkontaminsi debu atau kotoran yang menempel di permukaan seal.
 
Pastikan permukan-permukaan genset tetap bersih dengan cara mengelapnya atau melakukan usaha pembersihan untuk menghindarkan beberapa bagian genset dari karatan.
 
5. Pengisian bahan bakar
 
Ketika Anda menggunakan bensin sebagai bahan bakar genset, jangan lupa bahwa bensin adalah cairan yang juga mudah terbakar. Oleh karena itu, ketika Anda mengisikan bensin, sebaiknya landasi bagian-bagian tertentu dengan kain tebal agar bensin tidak mengotori genset dan tidak menyebabkan bau menyengat yang mengganggu pernafasan Anda.
 
6. Perawatan berkala
 
Buatlah list perawatan berkala terkait bagian-bagian pada genset yang harus dirawat untuk periode harian hingga tahunan. Contohnya sebagai berikut :
\
 
7. Gunakan sistem grounding
 
Sistem grounding adalah sistem yang digunakan untuk menstabilkan kelebihan arus listrik yang mungkin terjadi karena ada pergesekan medan magnet pada genset. Dengan penerapan sistem grounding yang baik Anda akan bisa merawat genset berbahan bakar bensin agar lebih tahan lama
 
 
Sumber : blog.perkakasku
 
 
 

Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami