SHOPPING CART (0) 0
Semua Kategori
Hubungi Kami +6221 260 719 22
Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar untuk Hindari Virus Corona

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar untuk Hindari Virus Corona

09 Mar 2020
Perkakas

Mencuci tangan yang efektif memiliki enam langkah.

Di tengah wabah coronavirus, ada kemungkinan Anda bepergian dengan sebotol hand sanitizer dan jauh lebih rajin mencuci tangan secara menyeluruh daripada biasanya. Tapi meskipun Anda berhati-hati, kemungkinan Anda tidak cukup berhati-hati.

Bahkan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Infection Control dan Hospital Epidemiology pada 2016, cara paling efektif untuk mencuci tangan Anda melibatkan proses enam langkah spesifik yang membutuhkan waktu sekitar 43 detik dari awal hingga selesai:

1. Gosok kedua tangan Anda satu sama lain.
2. Gosok tangan kanan Anda ke kiri dan bersihkan di antara jari-jari Anda. Beralih ke tangan satu lagi.
3. Letakkan telapak tangan Anda di telapak tangan lainnya, jalin jari-jari Anda, dan gosok.
4. Interlock jari-jari Anda lagi, tetapi kali ini dengan punggung jari Anda menyentuh telapak tangan yang lain dan gosok.
5. Bungkus satu tangan di sekitar ibu jari tangan dan gosok. Beralih ke tangan satu lagi.
6. Gosokkan jari-jari satu tangan ke telapak tangan lainnya. Balikkan.


Bagaimana tepatnya para ahli sampai pada kesimpulan ini? Untuk menguji efektivitas teknik mencuci tangan, para peneliti meminta satu kelompok perawat dan dokter di rumah sakit Inggris mencuci tangan dengan metode tiga langkah menggunakan sanitizer tangan berbasis alkohol. Kelompok kedua menggunakan sabun dan air dan mengikuti rekomendasi enam langkah yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Para peneliti kemudian menguji kedua kelompok untuk sisa bakteri di tangan mereka dan menemukan bahwa mereka yang menggunakan metode enam langkah sabun dan air keluar lebih bersih setelah interaksi dengan pasien.

WHO juga membuat grafik visual yang lebih detail tentang enam langkah yang diuraikan dalam penelitian ini:

Apakah hand sanitizer efektif?
Mencuci tangan adalah cara paling efektif untuk melindungi diri sendiri. Namun, jika sabun dan air tidak ada di dekat sini, maka hand sanitizer adalah pilihan kedua yang baik. Menurut NHS, alkohol Anda harus paling sedikit 60%. Selalu periksa label di bagian belakang hand sanitizer pilihan Anda.

 

Sumber : Bazaar

 


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami