SHOPPING CART (0) 0
Semua Kategori
Hubungi Kami +6221 260 719 22
7 Tips Awet Merawat Rantai Motor

7 Tips Awet Merawat Rantai Motor

29 Oct 2018
Perkakas

Hai guys! Merawat motor itu enggak hanya tampilan dan mesinnya saja yang sering dipoles loh, namun harus menyeluruh guys.

Seperti halnya rantai motor yang sering terabaikan kebersihannya dan dianggap sepele oleh sebagian bikers. nah! Rantai bagian paling vital di motor, terkadang bisa kendur, rusak bahkan bisa putus tiba-tiba. Jika di biarkan terus-menerus bisa mengancam nyawa sang bikers dan pengendara lainnya juga.

Nah, supaya rantai awet berikut ini adalah tips untuk merawat rantai motor berikut ulasannya:

 

1. Periksa Rantai Secara Berkala.

periksa rantai dengan teratur akan menghindari rantai dari kerusakan, 

Bukan hanya sekadar mengendurkan atau mengencangkan, namun mengatur pengunci pin sambungan pada rantai dan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel.

Jika Anda kerap melewati jalan yang berlubang dan sering melaju dengan kecepatan tinggi, posisi pin akan berpotensi berubah.

Sebab beban rantai untuk menarik roda motor semakin berat. Idealnya adalah mengecek kondisi rantai tiap 1000km sekali. Itu akan mengurangi resiko kerusakan rantai.

 

illustrasi gambar Speedometer

 

2. Bersihkan Rantai Motor Secara Rutin.

Ini hal yang sangat penting dalam menjaga keawetan rantai motor loe guys! Sering kamu pakai pada cuaca hujan maupun panas, pasti rantaimu menjadi kotor dan berdebu.

Pastikan kamu rutin membersihkan rantai motor​! Selain terlihat bersih, rantai motormu jadi awet deh.

 

Ilustrasi membersihkan rantai motor menggunakan sikat bekas

 

3. Jangan Gunakan Oli Bekas Untuk Melumasi Rantai Motor.

Supaya lebih praktis dan lebih murah, biasanya ada saja orang yang menggunakan gemuk dan oli bekas untuk melumasi rantai motor​.

Saran saya, JANGAN! Sebisa mungkin, hal tersebut kamu hindari, ya guys!

Memakai oli bekas atau gemuk justru akan mengundang kotoran-kotoran yang akan menempel di rantai dan membuat rantai menjadi tidak awet.

Lebih baik kamu mengeluarkan kocek sedikit lebih banyak untuk membeli chain lube daripada repot mengganti rantai motormu yang rusak nantinya.

Ilustrasi gambar oli bekas

 

4. Jangan Pakai Bensin.

jangan membersihkan rantai dengan bensin karena pelumas yang ada di Rantai akan mudah hilang ya guys. ini menyebabkan Rantai menjadi kering dan karatan.

Jika ingin membersihkan, cukup dengan sikat dan air saja agar debu atau pasir hilang.

Ilustrasi gambar larangan menggunakan bensin saat membersihkan rantai motor

 

5. Memotong Rantai Satu Kali.

Dengan memotong rantai satu kali adalah cara yang paling ideal dan jitu jika ingin awet, Sebab hal itu dapat menghindarkan Anda pada kendurnya rantai.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk hal yang satu ini, masih sah dan tetap aman bagi rantai.

Akan tetapi yang harus diingat, jika Anda sudah pernah melakukan pemotongan rantai satu kali, maka jangan lagi memotong untuk kali kedua.

Ingat ya! Ini hanya disarankan untuk pemotongan satu kali saja.

Ilustrasi gambar alat pemotong rantai motor

 

6. Gunakan Pelumas Khusus Rantai.

Supaya rantai motormu tetap awet, kamu harus rajin-rajin menggunakan pelumas pada rantai motormu.

Nah kita recommendasikan Pelumas untuk rantai motor​ yang berkualitas dan harga cukup terjangka nih.  ini juga berfungsi untuk melumasi rantai motormu sampai  ke celah  mata rantai.

Selain itu, pelumas Rexco 25  juga membantumu membersihkan rantai motormu.

Ilustrasi gambar Rexco 25 Pelumnas Rantai Motor

 

7. Gunakan Gir Set Dan Rantai Asli!

Penggunaan gear dan rantai palsu atau abal-abal akan sangat beresiko pada kerusakan. Terlebih lagi jika itu dari merek yang kurang terpercaya.

Sangat disarankan untuk tetap menggunakan gear dan rantai asli dari bawaan motor. Jika terpaksa mengganti karena gigi pada gear sudah menipis, sebaiknya membeli yang asli.

Ilustrasi gambar gir set

Itu dia tips-tipsnya supaya rantai motor kesayangan kalian awet ya. dan jangan lupa untuk membeli pelumnas rantainya Hanya di Fixcomart ya guys!

 

 

sumber

(www.motorplus-online.com)


Dapatkan Penawaran Terbaik dari Kami